-->

Tips Dan Trik Mendaki Gunung Bagi Pendaki Wanita Bercadar

Sekarang kegiatan mendaki gunung sudah banyak dilakukan oleh wanita berhijab maupun bercadar. Mendaki gunung tak hanya dilakoni oleh kaum adam saja, banyak juga kaum hawa yang menyukai kegiatan mendaki gunung. Bercadar juga bisa melindungi tubuh kalian dan terdindar dari terik matahari maupun cuaca dingin yang ekstream saat mendaki gunung. 

foto by instagram @yenimeliya

Tantangan mendaki gunung memakai cadar tidak hanya datang dari alam, tapi dari masyarakat khususnya masyarakat sosial media, mereka berkomentar negatif dan menganggap wanita bercadar yang suka mendaki gunung adalah sesuatu yang salah. Hijab syari tidak membatasi muslimah untuk berkegiatan aktif. Bagi pendaki gunung yang bercadar tidak masalah mendaki gunung asalkan dengan mahramnya.

 Berikut ini tips dan trik mendaki gunung bagi wanita bercadar
1. Pemilihan bahan cadar kalian
Becadar memang bisa membuat penggunanya kegerahan. Apalagi jika muslimah yang mengenakan nya harus sering bertemu sinar matahari saat mendaki gunung. Ketidaknyamanan itu sebenarnya bisa diatasi dengan sederhana. Kuncinya ada di pemilihan bahan. Saat ini memang banyak cadar dengan bahan yang membuat penggunanya merasa gerah dan tidak nyaman. Sebagian cadar malah bahanya kaku. Agar tak kegerahan saat bercadar, pengguna cadar harus mencari bahan yang adem dan kami merekomendasikan cadar dari sifon arab.

2. Bawa pakaian yang bisa menyerap keringat kalian
Biasanya pada saat awal perjalanan, kalian akan merasakan suhu lingkungan yang dingin sehingga cederung memilih menggunakan jaket. Namun beberapa saat kemudian kalian akan merasakan gerah karena panas tubuh yang keluar sepanjang perjalanan. Tapi baju yang terlalu tipispun juga bisa mengakibatkan kedinginan. Maka dari itu, kalian lebih baik menggunakan pakaian khusu mendaki gunung yang tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis.

Pakaian ini biasanya mampu menyerap karingat dan mampu menghalau suhu dingin. Karena kalian bercadar tentu kalian menggunakan lengan panjang. Ini bagus juga agar kulitmu tidak tergores -gores ranting pohon saat masuk hutan. 

4. Jangan letakan cadar di bagian bawah saat packing 
Gulung cadar kalian dulu, lalu usahakan jangan ditempatkan pada bagian paling bawah tas ransel. Karena hal inilah biasanya yang akan membuatt cadarmu kusut. Usahakan membungkusnya dalam plastik, karena cuaca di gunung tidak bisa ditebak. Kalau hujan tiba tiba datang kalian bisa melindungi pakaian dan cadarmu dengan adanya plastik. Kalian juga harus memperhatikan cara melipat hijab. Jangan melipat dengan terlalu banyak lipatan, itu hanya akan meninggalkan bekas lipatan yang kurang enak dipandang saat dikenakan.

5. Jangan tinggalkan ibadahmu
Sekalipun kalian tengah mendaki gunung, tentu siapapun sepakat untuk tidak melupakan ibadah. Kalian bisa membawa mukena yang ringan dan praktis untuk digunakan pada waktu waktu sholat. Jika sama sekali tidak bisa menemukan air bersih atau bekal air bersih kalian habis, kalian bisa menggantikan wudhu kalian dengan tayamum.

0 Response to "Tips Dan Trik Mendaki Gunung Bagi Pendaki Wanita Bercadar"

Posting Komentar

IKLAN DALAM ARTIKEL

Iklan Tengah Artikel 1

IKLAN DALAM ARTIKEL 2

Iklan Bawah Artikel