-->

Apa Itu Frostbite? Bagaimana Dengan Gejala Frostbite Dan Cara Mengatasinya?

Kesehatan dan keselamatan saat mendaki di gunung adalah prioritas semua pendaki, Kesehatan yang bagus menjadi penunjang keberhasilan seseorang sampai puncak gunung. Salah satu masalah kesehatan yang sering menyerang pendaki saat mendaki gunung adalah radang dingin atau lebih di kenal dengan  ftostbite. Radang dingin sendiri adalah munculnya kesemutan atau mati rasa disertai dengan rasa dingin dan nyeri yang teramat pada kulit. 

image by instagram @irshanarfiyanto

Terjadinya frostbite pada pendaki biasanya terjadi karena ada bagian pembuluh darah, saraf, dan sel kulit akan mengalami pembekuan sementara yang terjadi saat lingkungan disekitar kalian terjadi suhu dingin yang ekstream. Bagian bagian tubuh yang rentan terhadap frostbite.  Kondisi yang bisa memperburuk penyakit ini adalah saat pakaian kalian dalam keadaan basah saat udara dingin. 

Gejala dan tanda munculnya frostbite yaitu 

  • Kulit warna kulit berubag menjadi kebiruan, kemerahan, atau keabuan dan tanpak menguning
  • Kulit menjadi lebih kaku karena sendi dan otot yang mengeras
  • Saat terkena suhu hangat, kulit yang mengalami radang dingin akan melepuh
  • Kulit mengalami gatal dan menjadi dingin. Pada kondisi yang telah akut atau parah, kalian akan mengalami kesemutan dan mati rasa.
Cara mengatasi  frostbite  yang pertama yang harus kalian lakukan apabila kalian mengalami  ftostbite  adalah dengan menghangatkan bagian tubuh yang terpapar suhu dingin. Segera menuju tempat yang lebih hangat dan rendam bagian tubuh yang terkena radang dingin atau kompres dengan air hangat sampai muncul rona berwarna merah muda. Rona warna ini adalah tanda bahwa sirkulasi darah pada bagian yang terkena radang dingin telah kembali normal.

baca juga 4 Tips Dan Trik Bernafas Di Gunung Agar Tetap Kuat Saat Mendaki

Jangan sesekali memijat bagian tubuh yang terkena radang dingin, karena bisa mengakibatkan rusaknya jaringan tubuh. Lebih dari 50 persen hilangnya rasa hangat terjadi di bagian kepala, karena itu kami sarankan kalian menggunakan topi gunung, khusus untuk menjadi suhu kepala tetap hangat.

Itulah sekilas informasi mengenai frostbite atau radang dingin. Carilah informasi sebanyak mungkin. ilmu sudah ada dimana mana tinggal kita sendiri yang mau mencari ilmu itu atau tidak. Semoga informasi ini bisa menjadi ilmu yang bermanfaat bagi kalian dan kami. 

Salam lestari dari 

0 Response to "Apa Itu Frostbite? Bagaimana Dengan Gejala Frostbite Dan Cara Mengatasinya?"

Posting Komentar

IKLAN DALAM ARTIKEL

Iklan Tengah Artikel 1

IKLAN DALAM ARTIKEL 2

Iklan Bawah Artikel