-->

Tips Cara Memilih Tenda Dengan Benar Agar Tidak Mudah Rusak

Tenda adalah kebutuhan utama bagi para pendaki gunung. Tenda juga berfungsi untuk perlindungan dari cuaca yang sulit ditebak pada saat kalian berada di gunung. Terkadang ada pendaki yang sering sekali gonta ganti tenda padalah mereka belum lama membeli tenda tersebut. Kendala yang sering dijumpai adalah kebocoran tenda baik bagian bawah maupun atas tenda. Berikut tips cara memilih tenda dengan benar agar tidak mudah rusak.

Yang pertama adalah ukuran tenda, sebelum kalian membeli tenda atau menyewa tenda, pastikan kapasitas yang akan berada di dalam tenda, sehingga kalian tau apakah kalian butuh yang berukuran kecil atau besar. Jika kalian lebih menyukai perjalanan solo atau dengan beberapa rekan, pilihlah tenda dengan ukuran kecil.

foto by instagram @anam_chenel

Yang kedua bentuk tenda, bentuk tenda akan mempengaruhi banyak hal, salah satunya adalah kekuatannya terhadap arus angin di lingkungan sekita perkemahan. Tenda dengan bentuk Aerodinamika yang ramah terhadap terpaan angin akan lebih kuat berdiri. Jangan sampai bentuk tenda pilihan membuat angin terjebak di tenda,  hingga membuatnya selalu bergerak atau bergoyang. Idealnya, angin harus melintasi dan mengaliri sekitar tenda tanpa hambatan. Tentunya tenda yang sering diterpa angin berpontensi mematahkan tulang penyangga, bahkan hal ekstream lainnya adalah tenda roboh dan terbawa angin.

Yang ketiga berat tenda, berat tenda sangat berbanding lurus dengan ukuran tenda, oleh karena itu penting mengatur komposisinya sesuai kebutuhan mendaki kalian. Kami sarankan kalian memilih tenda yang ada pasaknya yang berbahan aluminium sehingga bobotnya ringan pada saat kalian mendaki tidak terlalu membawa beban yang berat.

Yang keempat adalah lapisan tenda, ini sering diabaikan oleh pendaki pada saat membeli tenda atau menyewa tenda. Tenda yang bagus pada saat kalian mendaki dan berkemah dilengkapi dengan lapisan tenda. Lapisan pertama akan melingdungi kalian dari curah hujan atau ranting pohon. Lapisan kedua sebagai tundung utama tenda dan bisa berfungsi juga sebagai penghangat tenda kalian. Namun perlu diingat juga tenda dengan lapisan ganda memiliki waktu yang lebih lama juga pada saat dibangun ketimbang tenda yang memiliki satu lapisan

Yang kelima pasak dan tulang penyangga, pasak dan tulang penyangga merupakan salah satu komponen vital yang tidak boleh terlewatkan, jika kalian telah memiliki tenda sebelumnya, tetapi pasak dan sebagian tulang penyangga hilang atau rusak kalian wajib menggantinya dengan yang baru.

0 Response to "Tips Cara Memilih Tenda Dengan Benar Agar Tidak Mudah Rusak"

Posting Komentar

IKLAN DALAM ARTIKEL

Iklan Tengah Artikel 1

IKLAN DALAM ARTIKEL 2

Iklan Bawah Artikel