-->

Apa Itu Aklimatisasi? Bagaimana Cara melakukan Aklimatisasi Bagi Pendaki Gunung?

Aklimatisasi merupakan suatu upaya penyesuaian fisiologi atau adaptasi dari suatu organisme atau makhluk hidup terhadap suatu lingkungan baru yang akan dimasukinya atau dikunjunginya. Proses penyesuaian ini berlangsung dalam waktu yang cukup bervariasi tergantung dari jauhnya perbedaan kondisi antara lingkungan baru yang akan dihadapi.

foto by instagram @afwadis-3

Pendakian gunung yang dilakukan di gunung dan memiliki perbedaan ketinggian dari tempat kira berasal. Kita harus menyesuaikan diri dengan banyak hal mulai dari suhu, tekanan udara, angin, sinar matahari, cara bernafas, dan masih banyak hal yang lainnya. Bagi kalian yang suka dengan kegiatan pendakian gunung kami sarankan agar tidak membuat tenda atau bermalam di puncak. Kalian harus melakukan aklimatisasi terlebih dahulu agar tidak sakit dan sampai puncak dengan selamat. Berikut ini kami bagikan informasi bagaimana cara melakukan aklimatisasi sebelum pendakian.

1. Menginap Sejenak Sebelum Mendaki

Kalian berasal dari daerah perkotaan atau dataran rendah disarankan agar menginap terlebih dahulu di basecamp atau akomodasi dekat lokasi pendakian. Cara ini sudah banyak dilakukan oleh pendaki untuk membuat tubuh mereka menjadi lebih sehat dan kuat saat mendaki. Biasanya perjalanan dari titik awal pendakian atau basecam memakan waktu lama. Dengan tidur, aklimatisasi bisa dilakukan dengan baik dan tubuh juga menjadi lebih nyaman dan tidak mudah lelah.

2 Buat Tubuh Kalian Kenyang

Kalian jangan sesekali mendaki gunung dalam kondisi tubuh kelaparan. Tubuh yang lapar memperbesar resiko hipotermia, pasalnya suhu tubuh tidak meningkat karena tidak ada metabolisme. Selain makan, minum juga diperlukan bagi tubuh kalian minum sesering mungkin tapi ingat jangan berlebihan jangan juga kekurangan cairan pada tubuh selama pendakian, jika kalian kekurangan cairan, tubuh akan semakin susah menyesuaikan diri dengan lingkungan.

3. Gunakan Pelindung Wajah.

masih banyak pendaki gunung yang tidak menggunakan pelindung wajah padahal pelindung wajah ini sangat penting digunakan saat kalian mendaki gunung. Meski diatas gunung udara panas dari matahari kerap tidak terasa, kilit bisa terbakar setelahnya loh, Selalu gunakan krim tabir surya atau menggunakan kain pelindung lainnya. 

Berikut tadi bagaimana cara melakukan aklimatisasi bagi pendaki gunung. Bila ada tambahan atau saran dari kalian bisa berkomentar di bawah. Semoga kegiatan mendaki gunung yang kalian lakukan bisa bermanfaat bagi diri kalian dan orang lain. Salam Lestari jaga selalu alam kita 

0 Response to "Apa Itu Aklimatisasi? Bagaimana Cara melakukan Aklimatisasi Bagi Pendaki Gunung?"

Posting Komentar

IKLAN DALAM ARTIKEL

Iklan Tengah Artikel 1

IKLAN DALAM ARTIKEL 2

Iklan Bawah Artikel