-->

Hal Penting Perencanaan Sebelum Mendaki Gunung Bagi Pendaki Gunung Indonesia

Kegiatan mendaki gunung sekarang sudah banyak diminati masyarakat Indonesia, baik dari kalangan remaja sampai kalangan orang tua. Pada saat melakukan kegiatan mendaki gunung, kelelahan adalah hal yang wajar dialami oleh semua kalangan pendaki. Sebelum melakukan proses pendakian harus dilakukan sejumlah persiapan, termasuk fisik maupun mental. Jangan dipaksakan untuk berangkat mendaki jika kondisi badan kalian kurang fit. Lalu apa saja hal penting dalam perencanaan pendakian gunung
foto by pixabay.com

Hal penting pertama yang harus dilakukan oleh seorang pendaki gunung adalah mencari informasi seputar gunung yang kalian tuju. Untuk mendapatkan informasinya kalian bisa memperoleh dari buku atau artikel yang ada tentang gunung atau bisa saja kita bertanya pada orang yang sudah pernah mendaki gunung tersebut sebelumnya. Tidak salah juga kita meminta informasi dari penduduk setempat atau siapa saja yang mengerti tentang gambaran lokasi atau medan gunung yang kalian tuju.

foto by pixabay.com

Hal penting yang kedua buatlah ROP (Rencana Operasi Perjalanan). Buatlah perencanaan secara detail dan rinci, yang berisi tentang daerah mana yang dituju, berapa lama kegiatan berlangsung, perlengkapan apa saja yang dibutuhkan, makanan yang perlu dibawa, perkiraan biaya perjalanan, bagaimana mencapai daerah tersebut, serta prosedur pengurusan ijin mendaki di daerah tersebut. Lalu buatlah ROP secara teliti dan sedetail mungkin, mulai dari rincian waktu sebelum kegiatan sampai dengan setelah kegiatan.

0 Response to "Hal Penting Perencanaan Sebelum Mendaki Gunung Bagi Pendaki Gunung Indonesia"

Posting Komentar

IKLAN DALAM ARTIKEL

Iklan Tengah Artikel 1

IKLAN DALAM ARTIKEL 2

Iklan Bawah Artikel