-->

Apa Itu Zero Waste? Bagiamana Sih Cara Menerapkan Zero Waste Pada Pendakian Gunung?

Zero Waste atau Bebas Sampah dalam bahasa Indonesia bisa dikatakan sebagai filsafat yang mendorong perancangan ulang daur sumberdaya dari sistem linear menuju siklus tertutup, sehingga semua produk bisa digunakan kembali. 

image by Pexels from Pixabay 

Bebas sampah adalah tujuan etis, ekonomis, efisien, dan visioner, untuk memandu masyarakat dalam mengubah gaya hidup dan praktik-praktik mereka dalam meniru siklus alami berkelanjutan, dimana semua material yang tidak terpakai lagi dirancang untuk menjadi sumber daya bagi pihak lain untuk menggunakannya.

Zero Waste  dapat di artikan sebagai sebuah penerapan gaya hdup bersih dan tanpa sampah dimanapun. Sedangkan zero waste dalam dunia pendakian bisa dilakukan dengan cara aksi menyelamatkan gunung dimulai dari diri kita sendiri seperti jangan membuang sampah sembarangan saat mendaki gunung. Zero Waste dalam dunia pendakian bertujuan juga untuk meminimalisasi potensi menumpuknya sampah bekas kemasan makanan yang ditinggalkan pendaki di area pegunungan khususnya area camp.

Sampah pendaki yang khusunya plastik biasanya terbilang cukup sulit untuk didaur ulang secara alami. Butuh ratusan tahun bagi satu botol plastik agar dapat terurai sempurna. Zero Waste tidak melulu berurusan dengan pengurangan sampah pendakian. Usaha pelestarian alam pegunungan seperti penanaman pohon serta penerapan hukuman bagi para pendaki nakal juga merupakan perwujudan dari kampanye Zero Waste 

Lalu bagaimana sih cara menerapkan zero waste saat mendaki gunung

1. Bawa peralatan makan dan masak sendiri dari rumah

Banyak dari pendaki yang tidak ingin repot yang membawa gelas dari bekas kemasan air mineral atau piring dari stlrofoam untuk kalian makan.  Kalian tentu bisa membayangkan sendiri betapa banyaknya sampah yang disebabkan dari kemasan sekali pakai tersebut.. Untuk menggantinya kalian bisa membawa peralatan makan dan masak dari rumah. Untuk peralatan masak kalian bisa berbagi barang bawaan dengan rombongan kalian. 

2. Kurangi makanan siap saji

Makanan siap saji sangat berpontensi meninggalkan penumpukan sampah di area gunung, kecuali jika pendaki bersedia membawa pulang sampah. Untuk mengatasinya kalian bisa membeli bahan bahan makanan seperti sayur, sosis, daging, atau buah di pasar. Kalian bisa memasak sendiri bahan bahan tersebut bersama rombongan. baca juga 8 Tips, Makanan Wajib Dibawa Bagi Pendaki Gunung

3. Belajar teknik kompos 

Bagi pendaki belajar teknik kompos sangat dianjurkan agar tidak perlu membawa pulang sampah oraganik dari bahan makanan. Caranya kalian bisa membuat lubang di dekat tenda atau tempah yang jauh dari jalan setapak, lalu kubur sampah organik tersebut agar dapat diurai secara alami dan berguna sebagai kompos bagi tumbuhan di sekitarnya baca juga Kenali Tempat Sampah Dan Jenis Sampah Di Dalamnya

4. Ubah cara membungkus barang bawaan

Masih banyak pendaki yang menggunakan kantong plastik untuk melindungi barang bawaannya agar tidak basah. Semakin banyak barang yang dibawa semakin banyak juga plastik yang digunakan biasanya satu plastik digunakan untuk satu barang. Lebih baik bawa satu kantong plastik berukuran besar yang dapat digunakan untuk melapisi tas cariier kalian sekaligus. Teknik ini juga akan mengurangi penggunaan plastik dan lebih efisien saat proses pendakian.

Dengan ilmu baru seputar pendakian diharapkan semua pendaki bisa lebih menjaga alam kita dengan baik tampa harus merusaknya. Ingat jangan tingalkan apapun kecuali jejak, jangan ambil apapun kecuali foto. Semoga kita selalu diberikan ilmu yang bermanfaat.

0 Response to "Apa Itu Zero Waste? Bagiamana Sih Cara Menerapkan Zero Waste Pada Pendakian Gunung?"

Posting Komentar

IKLAN DALAM ARTIKEL

Iklan Tengah Artikel 1

IKLAN DALAM ARTIKEL 2

Iklan Bawah Artikel