-->

Cara Mendaki Gunung Di Musim Hujan? Dan Apa Saja Yang Harus Diperhatikan?

Musim hujan di Indonesia biasanya jatuh pada bulan Oktober seperti sekarang. Musim hujan adalah salah satu waktu yang membatasi kalian para pendaki gunung untuk menyalurkan hobi kalian dan keinginan kalian untuk mendaki gunung.  Namun bagi kalian yang hobi melakukan kegiatan dengan alam kadang musim hujan pun tidak bisa menghalangi hobi kalian itu.

foto by instagram @ericafebri

Mendaki gunung sudah menjadi candu bagi mereka para petualang, segala rintangan saat mendaki gunung adalah proses menuju kedewasaan, dan mengenal diri mereka sendiri, yaitu rasa bahagia yang mereka dapatkan pada saat kalian mendaki gunung.  Sekalipun yang mereka hadapi adalah cuaca yang berubah dan sulit ditebak dari musim kemarau sampai musim hujan atau bahkan badai bisa saja terjadi.

Lantas apa saja yang harus kalian lakukan ketika kalian yang begitu ingin sekali mendaki gunung terhalang oleh musim hujan yang kadang tidak diinginkan pada saat kalian menyalurkan hobi kalian itu?

1. Persiapan yang lebih matang lagi

Tidak ada pendakian yang tdak dipersiapkan dengan matang, sekalipun ke gunung mudah untuk didaki. terlebih saat musim hujan, tentu akan selalu ada persiapan-persiapan matang yang harus kalian lakukan sebelum mendaki gunung dan yang paling utama adalah kondisi fisikmu.
Perbanyak minum air putih, asupan vitamin C cukup  kemudian latihan fisik yang membuat stamina serta daya tahan tubuh meningkat adalah rangkaian dari persiapan yang lebih matang.

2. Pilih gunung dengan jalur pendakian yang singkat

Berkemah saat musim hujan mempunyai kesulitan tersendiri. Untuk menghindari hal-hal yang tidak nyaman tersebut, kalian perlu memilih gunung dengan jalur pendakian yang singkat, sehingga kalian mempunyai waktu pendakian yang cepat. 

3. Pelajari jalur pendakian gunung yang dituju

Sesudah kalian memilih gunung mana yang mempunyai jalur pendakian singkat, saatnya kalian pelajari jalur pendakian tersebut. Hal ini dapat memberikan kalian pengetahuan resiko apa saja yang akan kalian hadapi. Mempelajari jalur pendakian juga dapat mempersingkat waktu pendakian kalian, karena kalian sudah bisa mengira  bagaimana tingkat kesulitan yang ada di jalur pendakian gunung tesebut.

4. Cek data dari BMKG

Sebelum kalian berangkat untuk pendakian tersebut, ada baiknya kalian selalu cek data terbaru untuk lokasi pendakian yang kalian tuju. Situs BMKG selalu menyajikan data kondisi cuaca terbaru. oleh karena itu, juga sudah bisa diakses melalui Smartphone kalian.

5. Usahakan membawa pembekalan secukupnya

Membawa pembekalan lebih akan berakibat fatal jika kalian tidak bisa membawanya  di jalur pendakian, terlebih saat musim hujan karena jelas jalur pendakian akan meningkat tingkat kesulitannya. Bawa pembekalan secukupnya agar tidak menjadi beban yang berlebih dalam pendakian kalian.

6. Lapisi tas kalian dengan kantung kedap air

Agar air hujan tidak masuk ke dalam tas kalian, lapisi tas kalian dengan menggunakan kantung kedap air, Biasanya, tas keril sudah dilengkapi dengan kantung kedap air. Namun jika kalimat tidak punya kantung kedap air, kalian bisa menggunakan tras bag, kantung plastik kresek yang besar dan hitam tersebut menjadi penyelamat barang barang kalian di dalam tas agar tidak basah.

0 Response to "Cara Mendaki Gunung Di Musim Hujan? Dan Apa Saja Yang Harus Diperhatikan?"

Posting Komentar

IKLAN DALAM ARTIKEL

Iklan Tengah Artikel 1

IKLAN DALAM ARTIKEL 2

Iklan Bawah Artikel