-->

Peralatan Yang Harus Dibawa Saat Naik Gunung Untuk Pemula

Mendaki gunung termasuk kedalam olahraga yang ekstream karena bersentuhan langsung dengan alam bebas. Peralatan mendaki inilah yang penting dibawa ketika kita sudah melangkah ke hutan atau menginjak alam bebas. 

image by instagram @irco.official

Keselamatan kita bergantung pada apapun yang kita bawa saat mendaki gunung. Penyakit ketinggian utama yang sering diidap pendaki adalah hipotermia. Maka dari itu, fisik dan peralatan haruslah diperiksa dengan matang.

Berikut ini peralatan yang harus dibawa saat naik gunung untuk pemula
1. Sepatu Hiking

Sepatu hiking atau sepatu gunung merupakan salah satu perlengkapan untuk mendaki gunung yang wajib dibawa. Sepatu ini memiliki fungsi berbeda dari sepatu pada umumnya, yang mana sepatu gunung ini dapat meminimalisir resiko cedera pergelangan kaki saat tergelincir jalur pendakian yang berat.

2.  Tas Gunung

Tas gunung atau biasa yang disebut dengan carrier juga menjadi peralatan yang wajib dibawa saat kamu ingin mendaki gunung. Tas ini ini memegang peran penting pada saat kalian mendaki gunung sebab fungsinnya sebagai media penyimpanan banyak barang yang kalian butuhkan. Pilihlah tas gunung yang memiliki kapasitaas besar dan sesuai dengan bentuk tubuh manusia, khususnya pada bagian punggung. Pasalnya bila kalian membawa alat-alat mendaki gunung yang satu ini kecil, dapat dipastikan kalian bakal merasakan pegal dan sakit pada bagian belakang tubuh karena terlalu banyak membawa barang bawaan dalam waktu yang cukup lama. 


3. Jaket Gunung

Untuk melawan dinginnya udara dingin yang ada di gunung, kalian wajib membawa barang yang satu ini. Jaket gunung sangat diperlukan saat suhu udara di kawasan gunung tiba-tiba saja mengalami penurunan. Selain hangat, jaket pun bisa digunakan untuk melindungi tubuh kalian dari sengatan sinat matahari saat mendaki gunung. Bila suhu di gunung terbilang normal, sebaiknya lepas jaket kalian, sebab tubuh manusia akan panas jika kalian berjalan.

4. Tenda 

Mendaki gunung haruslah membawa tenda sebagai tempat bernaung yang dapat melindungi kalian dari dinginnya suhu gunung. Kalian bisa memilih tenda yang berjenis dome. Dimana tenda dome berbentuk kuba mampu menahan angin. Selain itu, pastikan pula tenda yang dibawa sesuai dengan kapasitas dari rombongan kalian. 

5. Pakaian Ganti

Meskipun kalian sudah membawa jas hujan dan jaket, kalian perlu siapkan pakaian yang lainnya sebagai bagian dari antisipasi. Setidaknya bawalah 4 baju kering yang biasanya digunakan sebagai bahan jersey sepak bola. Hal ini karena fungsi nya yang dapat menyerap keringat dan mudah kering saat terkena air.


6. Peralatan Medis

Peralatan lainnya yang wajib dibawa saat mendaki gunung adalah peralatan medis. Perubahan cuaca yang terjadi secara tiba-tiba saat mendaki gunung, kemungkinan bisa mempengaruhi tubuh kalian. Oleh sebab itu bila tubuh kalian sudah merasa tidak enak, segeralah ambil peralatan medis dan konsumsi obat-obatan antibiotik. Selain obat-obatan, kalian juga bisa membawa deker elastis, bidai dan perban sebagai bentuk antisipasi bila sewaktu-waktu terjadi kecelakaan yang tidak diinginkan.

Demikian mengenai perlengkapan yang harus dibawa saat naik gunung untuk pemula. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kalian semuanya. Salam lestari dari pos7basecam.blogspot.com

0 Response to "Peralatan Yang Harus Dibawa Saat Naik Gunung Untuk Pemula"

Posting Komentar

IKLAN DALAM ARTIKEL

Iklan Tengah Artikel 1

IKLAN DALAM ARTIKEL 2

Iklan Bawah Artikel