-->

Bahan Makanan Penambah Stamina Ini Bisa Kalian Bawa Saat Mendaki Gunung

Mendaki gunung adalah kegiatan alam yang berat dan memerlukan tenaga yang lebih untuk bisa sampai ke puncak. Mendaki gunung biasa digemari oleh kalangan anak muda tetapi banyak juga dari orang tua yang suka dengan kegiatan mendaki gunung ini. Kegiatan mendaki gunung mulai ramai ketika musim liburan datang. 


image by instagram @dayat_sejedewe

Bekal makanan wajib dibawa saat kalian mendaki gunung. Bahan makanan yang instan banyak digemari karena praktis dan mudah dibuat bagi pendaki gunung. Tetapi bahan makanan yang instan tidak akan cukup lama untuk menyimpan tenaga yang habis terkuras saat kalian sedang mendaki gunung.

Tubuh kalian saat mendaki gunung juga harus tetap diberikan makanan yang bergizi. Makanan bergizi dan mengandung karbohidrat menjadikan tubuh kalian tetap kuat dan tidak mudah sakit walaupun dalam mendaki gunung membutuhkan waktu yang lama. Berikut ini bahan makanan penambah stamina yang bisa kalian bawa saat mendaki gunung. 

1. Kentang


Kentang adalah bahan makanan yang wajib kalian bawa saat mendaki gunung selain nasi, kentang mengandung karbohidrat yang cukup tinggi. Satu buah kentang ternyata bisa mengandung 37 gram karbohidrat yang cukup menambah tenaga dan energi kalian ketika mendaki gunung. Kentang adalah makanan yang kaya akan karbohidrat dan mudah juga untuk dibawa mendaki gunung. Kentang dapat diolah dengan peralatan yang praktis dengan cara dibakar atau direbus. Kentang yang padat lebih baik karena akan membuat perut merasa lebih cepat kenyang dan energi kalian pun akan bertambah

2.  Madu


Madu adalah salah satu pilihan bekal yang tepat saat mendaki gunung. Madu dapat dikonsumsi dengan cara diolah bersama air hangat atau dikonsumsi langsung. Madu telah terbukti terpercaya dapat meningkatkan kekebalan dan stamina tubuh kalian karena mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Madu juga mengandung banyak kalori sehingga dapat memulihkan tenaga yang terkuran banyak saat pendakian. Manfaat lain dari madu adalah dapat menguatkan tulang dan otot karena mengandung zat besi, kalium serta kalsium yang cukup tinggi, sehingga risiko cedera tulang dapat dikurangi. 

3. Jahe 


Minuman merupakan hal yang harus kalian perhatikan saat akan mendaki gunung. Daripada banyak membawa kopi dan teh yang akan membuat perut kalian kembung. Minuman jahe dapat dibuat sebagai minuman yang dapat menghalau dinginnya udara pegunungan. Cara meminum jahe adalah diseduh dengan air hangat yang dapat membuat perasaan lebih tenang serta meningkatkan stamina dan kekebalan tubuh kalian sehingga badan tidak akan mudah diserang penyakit atau gangguan kesehatan lainnya saat kalian sedang mendaki gunung. 

4. Roti Gandum


Roti gandum adalah jenis makanan yang terbuat dari biji gandum, tekstur roti lebih kasar, lebih tawar dan berwarna cokelat. Biasanya biji gandum utuh mempunyai lapisan lengkap seperti benih, dedak dan endosperma. Tiga lapisan inilah yang memiliki kandungan tinggi protein, serat, antioksidan, magnesium, zat besi, vitamin B, karbohidrat dan mineral lainnya. Karbohidrat dan protein yang ada pada gandum akan sangat berguna sebagai sumber energi bagi para pendaki gunung. Selain itu kandungan serat yang tinggi akan membuat tubuh kalian merasa kenyang dan tidak akan cepat lapar. 


5. Tahu dan Tempe


Makanan tradisional seperti tahu dan tempe ternyata juga makanan yang bergizi penuh nutrisi yang bisa kalian bawa saat melakukan pendakian gunung.  Kalian dapat mengolah tahu dan tempe dengan bumbu atau tanpa bumbu, direbus maupun digoreng. Namun perlu diperhatikan karena jenis makanan ini tidak dapat bertahan terlalu lama. Sehingga baik untuk menu makanan di hari pertama kalian melakukan pendakian. Kentang mengandung protein berguna sebagai sumber energi bagi tubuh. 

6.  Bubur Ayam Instan


Bubur ayam ternyata juga bisa kalian jadikan menu makanan saat mendaki gunung. Karena saat ini banyak sekali bubur ayam instan dengan kemasan yang praktis dan ringan. Kalian hanya perlu mencampurkan dengan air panas dan mengaduknya hingga kental. Cara pembuatannya sudah tertulis di belakang kemasan, bubur ayam jauh lebih direkomendasikan terutama mengingat hawa dingin di area pegunungan. Pastinya akan sangat menikmati makanan panas yang praktis dibuat.

Makanan adalah kebutuhan pokok yang wajib untuk semua orang. Dimana pun kalian berada kalian membutuhkan makanan sebagai sumber energi sehingga kalian bisa beraktivitas dengan nyaman dan aman. Saat kalian mendaki gunung kalian juga memerlukan makanan sebagai sumber energi sehingga  kalian bisa mencapai puncak dengan selamat dan lancar.

0 Response to "Bahan Makanan Penambah Stamina Ini Bisa Kalian Bawa Saat Mendaki Gunung"

Posting Komentar

IKLAN DALAM ARTIKEL

Iklan Tengah Artikel 1

IKLAN DALAM ARTIKEL 2

Iklan Bawah Artikel