-->

Tips Mendaki Gunung Bagi Pendaki Wanita Pemula

Tips mendaki gunung - Pendakian umumnya merujuk pada perjalanan panjang dan penuh semangat yang biasanya melewati jalan kecil di area pedalaman atau hutan atau gunung. Mendaki gunung tidak semenyeramkan seperti yang dibayangkan, Selain pria, tidak sedikit wanita yang memiliki hobi mendaki gunung. Ada banyak wanita-wanita tangguh di luar sana yang telah menggapai beberapa puncak gunung tertinggi di dunia.

tips mendaki gunung bagi pemula
sumber instagram @dina_septiana02

Kami akan memberikan tips mendaki gunung pemula bagi wanita yang harus kalian ketahui

1, Yakin Pada Diri Sendiri

tips mendaki gunung bagi pemula
Gambar oleh Jill Wellington dari Pixabay 

Sebelum menyakinkan orang tua, tentu hal yang dilakukan pertama kali adalah kalian harus menyakinkan diri kalian sendiri. Kalian jangan pernah ada pemikiran negatif tentang pendakian gunung yang akan kalian lakukan. Tanamkan keyakinan bahwa kalian bisa mendaki gunung sampai puncak dan kembali ke rumah dengan selamat.

2. Pilih Gunung Sesuai Kemampuan 

tips mendaki gunung bagi pemula
Gambar oleh Eiji Kikuta dari Pixabay 

Pililah gunung dengan jalur pendakian yang ringan dan tidak terlalu ekstrem untuk kalian yang baru memulai pendaki gunung. Gunung dengan ketinggian kurang dari 2000 mdpl bisa menjadi pilihan pendakian yang kalian lakukan. Seperti gunung Prau dan Gunung Kembang. 

3. Latihan Fisik Terlebih Dahulu

Latihan fisik menjadi hal yang paling penting untuk dilakukan sebelum mendaki gunung. Semua pendaki gunung harus melakukan latihan fisik terlebih dahulu seperti jalan santai dan jogging, dengan bagitu kalian semua tidak gampang lelah pada saat naik gunung.

4. Mendaki Gunung Secara Berkelompok

Bagi pendaki pemula, mendaki secara berkelompok adalah hal yang bisa kalian lakukan agar bisa saling membantu sesama pendaki tertuma bawa pendaki yang sudah berpengalaman. Pendaki yang sudah berpengalam pastinya sudah paham betul apa yang sebaiknya dilakukan atau tidak dilakukan saat mendaki gunung. 

5. Membawa Peralatan Pendakian Yang Lengkap

tips mendaki gunung bagi pemula
image by instagra,@Opik_doel

Pendaki pemula biasanya merasa bingun barang apa saja yang perlu dibawa. Peralatan mendaki dibagi menjadi dua yaitu peralatan pribadi dan peralatan kelompok. Peralatan pribadi biasanya apa yang dibutuhkan seseorang saat ingin mendaki gunung seperti baju ganti sleeping bag, obat-obatan pribadi  dan lain-lainnya. Sedangkan peralatan kelompok yaitu peralatan yang dibutuhkan kelompoknya seperti tenda alat masak serta logistik makanan.

6. Menggunakan Pakaian yang Nyaman

Memilih pakaian yang nyaman ketika mendaki gunung merupakan sesuatu yang tidak boleh dilewatkan. Pilihlah pakaian yang tidak terlalu ketat yang pastinya memberikan rasa nyaman dan ruang gerak tubuh tidak dibatasi. Mendaki gunung membutuhkan gerakan banyak, pemilihan pakaian yang tidak baik dapat mempengaruhi pergerakan kalian sehingga akan sulit bergerak di medan yang terjal.

Demikian tips mendaki gunung pemula bagi wanita. Semoga bermanfaar salam lestari.

0 Response to "Tips Mendaki Gunung Bagi Pendaki Wanita Pemula"

Posting Komentar

IKLAN DALAM ARTIKEL

Iklan Tengah Artikel 1

IKLAN DALAM ARTIKEL 2

Iklan Bawah Artikel