-->

Mengenal Jalur Pendakian Gunung Latimojong

Gunung Latimojong adalah gunung yang berada di Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Gunung Latimojong berada ditengah-tengah provinsi Sulawesi Selatan. Gunung Latimojong terdiri dari beberapa kabupaten, sebelah barat adalah Kabupaten Enrekang, sebelah utara Kabupaten Tana Toraja, sebelah selatan Kabupaten Sidenceng Rappang dan sebelah timur adalah Kabupaten Luwu.  Gunung Latimojong adalah gunung tertinggi yang berada di provinsi Sulawesi Selatan dengan ketinggian 3.477 mdpl, dan memiliki puncak gunung yang bernama puncak Bulu Rante Mario.

sumber google map andi arum islami

Jalur pendakian Gunung Latimojong ada 3 jalur resmi yaitu 
1. Via Mingkendek, Kabupaen Tana Toraja
2. Via Baraka, Kabupaten Enrekang
3. Via  Latimojong, Kabupaten Luwu
Dari ketiga jalur pendakian Gunung Latimojong ini yang cukup terkenal adalah Via Baraka yang berada di Kabupaten Enrengkan. Pendakian Gunung Latimojong via Baraka memiliki 7 pos yang harus kalianl lewati. Berikut ini 7 pos Gunung Latimojong Via Baraka. 

Pos 1 Karangan, Buntu Kaciling
Pos 1 Karangan berada di desa Karangan. Kalian harus mendaftar terlebih dahulu di basecamp untuk bisa melakukan pendakian Gunung Latimojong. Rute pendakian dari pos 1 ini sekitar 1 jam 30 menitan untuk bisa mencapai Pos 1. Jalur pendakian ini, kalian akan melihat perkebunan kopi dan bawang merah milik warga setempat. Jalur ini adalah jalur kendaran bermotor yang biasa digunukan oleh warga setempat sebagai transportasi hasil berkebun warga. 

Pos 2 Pa'Pak
Perjalanan menuju pos 2 ini kalian akan disambut dengan pepohonan  tinggi dan besar. Jalur ini berupa tanah dengan akar pepohonan yang  keluar ke jalur pendakian dan jalan sempit berjurang. Perjalanan dari pos 1 ke pos 2 membutuhkan waktu sekitar 2 jam. Jika kalian hampir sampai ke pos 2 kalian akan mendengar suara aliran air sungai dan terdepat jembatan untuk menyebranginya. Pos 2 ini memiliki gua yang kerap disebut oleh warga setempat dengan Gua Pa'pak.

Pos 3  Lintas Nase
Waktu yang ditempuh untuk bisa mencapai pos 3 ini membutuhkan waktu yang singkat sekitar 1 jam, tetapi perjalanan ke pos ini memiliki jalur yang cukup curam. Sepanjang jalur pendakian ini tidak ada sumber air hingga ke pos 5 nanti, kalian wajib mempunyai persediaan air yang cukup.

Pos 4 Buntu Lebu
Perjalanan menuju pos 4 ini sedikit lebih ringan dengan jalur yang sebagian besar datar, teteapi sesekali kalian tetap masih melewati jalur yang sedikit curam. Waktu tempuh yang dibutuhkan sekitar 1 jam. 

Pos 5 Soloh Tanam
Pendakian menuju pos 5 ini membutuhkan waktu pendakian sekitar 2 jam. Pos 5 adalah tempat yang biasa digunakan untuk mendirikan tenda karena memiliki lahan yang luas dan terdapat sumber air. Pendaki yang ingin mengambil air harus sangat berhati-hati karena jalur menuju sumber air cukup curam. 

Pos 6 Kolong Buntu
Banyak pepohonan besar dan lebar disini, kalian bisa menjadikan spot foto yang menarik. Sumber air disini masih tersedia dan kalian membutuhkan waktu meuju pos 7 sekitar 2 jam.

Pos 7 Puncak Rante Mario
Puncak Rante Mario adalah akhir dari pendakian Gunung Latimojong ini. 

Itulah tadi berbagai pos dari Gunung Latimojong Via Baraka Kabupaten Enrekang. Semoga bermanfaat bagi semua pendaki yang ingin melakukan pendakia di Gunung Latimojong ini
salam lestari.

0 Response to "Mengenal Jalur Pendakian Gunung Latimojong"

Posting Komentar

IKLAN DALAM ARTIKEL

Iklan Tengah Artikel 1

IKLAN DALAM ARTIKEL 2

Iklan Bawah Artikel