-->

Manfaat Bunga Edelweis dan Fakta Tentang Bunga Edelweis yang Jarang Diketahui

Manfaat bunga edelweis -  Bunga Edelweis atau Anaphalis Javanica atau Bunga Senduro adalah tumbuhan endemik zona alpina atau montana di berbagai pegunungan tinggi di Indonesia. Bunga Edelweis sering kali menjadi daya tarik yang menarik bagi pendaki gunung di Indonesia.

Bunga Edelweis melambangkan banyak arti. Tumbuhan yang bunganya dianggap sebagai lambang cinta, ketulusan, pengorbanan, dan keabadian ini sekarang termasuk sebagai tanaman langka yang harus di lindungi

manfaat bunga edelweis
sumber foto instagram @windy_adriati

Ciri-ciri umum bunga edelweis ini adalah kelopak bunga yang berwarna putih dan biasanya mekar pada bulan April sampai Agustus. Bunga Edelweis sering dijuluk sebagai bunga abadi, bunga ini terkenal dengan keindahannya dan tidak mudah layu bahkan bisa bertahan hidup hingga 10 tahun. 

Produk kecantikan kulit wajah saat ini mengedepankan bahan organik karena dipercaya lebih berkhasiat contohnya yaitu memanfaatkan bunga edelweis. Perlu diingat, banyak produk kecantikan saat ini memanfaatkan ekstrak edelweis yang dibudidayakan secara khusus di pegunungan Swiss. 

Berikut ini manfaat dari bunga edelweis yang jarang diketahui

1. Banyak Mengandung Antioksidan 

manfaat bunga edelweis
Gambar oleh silviarita dari Pixabay 

Bunga Edelweis memiliki kandungan antioksidan tinggi sehingga menjadi agen anti aging yaitu yang mengakibatkan kulit menua yang baik untuk kulit dan mencegah penuaan. Antioksidan dapat melawan radikal bebas, yang merupakan senyawa berbahaya yang merusak sel-sel penting bagi fungsi tubuh, menyebabkan masalah kesehatan kulit dan penuaan kulit seperti kulit kendur dan keriput. Ekstrak Edelweis dapat melawan radikan bebas sehingga mencegah penuaan dini dan mengurangi garis-garis pada kulit. 

2. Mengandung Anti Inflamasi Kulit

manfaat bunga edelweis
Gambar oleh Pexels dari Pixabay

Edelweis banyak mengandung bahan aktif seperti bisabolol, sesquiterpen trisiklik, kuramalin, serta lignin yang terdapat pada akar dan bersifat kuratif untuk dermatitis dan retensi cairan. Kandungan in yang menjadikan ekstrak edelweis sebagai bahan alami dalam perawatan kulit yang sempurna. Kandungan anti inflamasi pada edelweis dapat melindungi kulit dari bakteri berbahaya yang menyebabkan infeksi atau kerusakan kulit serius. 

3. Perlindungan Dari Sinar UV

manfaat bunga edelweis
sumber foto pixabay.com

Rambu-rambut kecil yang ada di kelopak bunga edelweis merupakan perlindungan alami dari sinar UV. Petumbuhannya bunga edelweis di pegunungan memungkinkan terpapar sinar matahari lebih banyak, tetapi bunga edelweis mampu mengatasi dan melindungi dirinya sendiri dengan baik. Ekstrak edelweis memiliki kosentrasi tinggi flavonoid dan asam fenolat yang membantu memerangi kerusakan akibat sinar UV. 

Bunga Edelweis merupakan bunga yang tidak asing lagi untuk para pendaki gunung. Masih banyak pendaki nakal yang mencoba memetik bunga edelweis yang sebenarnya sangat dilarang untuk dipetik. Banyak fakta tentang bunga edelweis yang jaran diketahui banyak orang. 

Bunga Edelweis merupakan bunga yang tidak mudah layu. Terkenal karena keindahannya dan tidak mudah layu dan mendapatkan julukan sebagai bunga abadi. Bunga Edelweis memiliki waktu mekar yang lama hingga 10 tahun. 

Berikut ini fakta tentang bunga edelweis yang jarang diketahui

1. Bunga Edelweis Terancam Punah

Bunga dengan julukan sebagai bunga abadi ini sekarang sudah banyak pendaki nakal yang nekat memetik bungan ini untuk dibawa pulang. Mereka berpikiran membawa pulang bunga ke rumah karena bentuk bungannya yang sangat menarik dan indah. 

2. Dinamakan Bunga Edelweis 

Ada yang tau kenapa bunga edelweis ini dinamakan sebagai bunga abadi?. Nama bunga abadi diberikan karena bunga ini memiliki hormon yang bisa mencegah kerontokan bunga itu sendiri. Bahkan bunga edelweis bisa tumbuh selama 10 tahun. 

3. Jual Beli Bunga Edelweis

Di Dieng, bunga edelweis yang diperjualbelikan adalah hasil budidaya petani edelweis. Warna yang beraneka ragam selain warna putih atau kecoklakan adalah hasil penawaran buatan. Bunga hasil budidaya akan terlihat lebih gemuk dan subur daripada edelweis di alam bebas. 

4. Dilindungi Undang-Undang

Bagi siapapun yang memetik bunga edelweis bisa terancam hukuman sesuai Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 Tentang Konservasi Sumber Daya Hayati Ekosistem pasal 33 ayat 1. 

Demikian kami sampaikan mengenai manfaat bunga edelweis dan fakta tentang bunga edelweis yang jarang diketahui. Semoga dengan informasi ini wawasan kalian tentang alam bisa bertambah. Jangan pernah sesekali memetik bunga edelweis yang ada di gunung. 

0 Response to "Manfaat Bunga Edelweis dan Fakta Tentang Bunga Edelweis yang Jarang Diketahui "

Posting Komentar

IKLAN DALAM ARTIKEL

Iklan Tengah Artikel 1

IKLAN DALAM ARTIKEL 2

Iklan Bawah Artikel