-->

7 Cara Menghangatkan Tubuh Efektif dan Benar Saat Mendaki Gunung

Salah satu masalah terbesar dari pendakian bukanlah medan atau kondisi fisik seseorang saja. Terkadang, beberapa pendaki harus rela sebelum ke puncak karena tidak bisa menghangatkan tubuhnya dengan baik. Ancaman hipotermia menjadi ancaman yang sangat berbahaya bagi para pendaku gunung. Gunung memiliki udara yang sangat dingin, bahkan saking dinginnya bisa membuat embun jadi membeku.

foto by instagram @meliiaws

Bagi kalian yang akan melakukan perjalanan ke atas gunung ada baiknya mempelajari beberapa life hack di atas gunung. Salah satu trik untuk bisa bertahan adalah bisa menghangatkan tubuh dengan benar, sehingga bisa terhindar dari dinginnya cuaca yang ada di gunung .berikut cara yang bisa dilakukan.

Semua Pakaian dalam Kondisi Kering

Kalau kalian tidak mau kedinginan pastikan melepas semua pakaian yang basah entah karena air atau karena keringat. Memakai pakaian basah dalam kondisi cuaca yang dingin akan membuat tubuh semakin dingin dan baju yang dingin bila berada di tempat yang dingin akan membutuhkan waktu lama untuk proses pengeringan. Lepas ganti pakaian kering untuk menghindari sensasi dingin yang menempel di tubuh.

Membuat Api Unggun

Buat api unggun di sekitar tempat tidur. Sobat Akasaka dan rekan bisa berada di sekeliling api unggun untuk menghangatkan tubuh. Saat membuat api unggun pastikan sekeliling tidak berisiko tersambar api dan membakar tenda atau sekitarnya. Saat akan tidur, segera matikan api yang besar agar tidak terbawa angin dan menyebar ke mana-mana.

baca juga 4 Cara Merawat Wajah Agar Tetap Cantik di Gunung

Menggunakan Jaket Tebal

Gunakan jaket tebal dan pakaian yang akan mencegah keluarnya udara panas dari tubuh. Beberapa jenis pakaian akan menyimpan suhu tubuh sehingga udara dingin dari luar tidak bisa masuk. Usahakan kembali jaket kalian tidak basah karena keringat atau hujan.

Minum Sesuatu yang Hangat

Minum sesuatu yang bisa menghangatkan tubuh. Berbagai jenis air hangat bisa dikonsumsi untuk membuat perut jadi nyaman. Selain itu, kalian juga bisa membuat wedang jahe atau sejenisnya yang memberikan efek hangat jauh lebih lama dari air hangat biasa. jangan minum kebanyakan juga karena bisa mengakibatkan pegah pada perut dan mengakibatkan males bergerak.

Tidak Sedang Lapar

Tubuh yang kelaparan cenderung dingin. Oleh karena itu buat tubuh makan sesuai dengan kebutuhannya. Usahakan makanan yang masuk mengandung protein hewani tinggi dan juga karbohidrat. Paduan dua nutrisi itu akan membuat tubuh jadi lebih hangat, kenyang, dan nyaman.

baca juga  MENDAKI SAAT HAID Berikut 5 Tips Agar Selalu Nyaman Dan Aman

Tidur Berimpit-impitan

Tidurlah berimpit-impitan dengan beberapa rekan kalau satu kelompok semuanya lelaki atau perempuan saja. Dengan tidur berimpitan, udara panas dari tubuh masing-masing orang akan terkumpul dan membuat suasana di dalam tenda tidak dingin.


0 Response to " 7 Cara Menghangatkan Tubuh Efektif dan Benar Saat Mendaki Gunung"

Posting Komentar

IKLAN DALAM ARTIKEL

Iklan Tengah Artikel 1

IKLAN DALAM ARTIKEL 2

Iklan Bawah Artikel