-->

Cara Mudah Merawat Tenda Untuk Pendakian Gunung


Dalam sebuah aktivitas pendakian, alat-alat gunung yang digunakan mesti terus dirawat agar bertahan lama dan bisa terus digunakan untuk pendakian selanjutnya. Nah, salah satu alat gunung yang penting untuk dirawat yaitu tenda dome.

foto by instagram @fisalvnsyh

Tenda merupakan salah satu pilar penting dalam sebuah pendakian, pasalnya tenda merupakan tempat kita untuk beristirahat di sela perjalanan mendaki gunung. Berikut ini kami rangkum beberapa tips dalam merawat tenda dome.

1. Pastikan untuk selalu membersihkan tenda dome ketika sudah dipakai dari kotoran atau noda-noda yang melekat

2. ika dirasa tidak terlalu kotor, gunakan spons basah dan sabun untuk membersihkannya.

3. Jangan membersihkan tenda dome Anda dengan mesin cuci atau pengering karena selain kurang maksimal dalam membersihkannya juga kurang baik untuk tenda itu sendiri.

4. Jangan atau hindari menyimpan atau membiarkan tenda dome dalam keadaan basah.

5. Selalu bersihkan stick atau tiang tenda dome setelah digunakan, terutama setelah digunakan dalam cuaca hujan. Pastikan terjaga dari karat karena dapat mengurangi kelenturan stick.

6. Periksa fungsi ritsleting agar dapat berfungi dengan baik. Gunakan silikon kecil pada gerigi retsleting dengan cara menyemprotnya sedikit demi sedikit agar ritsleting berjalan dengan lancar.

7. Simpan tenda dome Anda di tempat yang kering dan sejuk. Hindari menyimpannya di tempat yang panas karena itu dapat merusak lapisan tenda dome Anda.

8. Biasakan sesekali mendirikan tenda meskipun tidak akan digunakan. Hal ini berfungsi untuk  pengeringan maksimal pada tenda dome Anda.

9. Jangan gunakan tenda dome anda untuk alas atau duduki tenda dome Anda saat sudah di packing, agar kondisi frame atau tiang tenda tidak bengkok.

Berikut tadi 9 cara merawat tenda agar selalu nyaman dipakai dan jauh dari kerusakan semoga bermanfaat bagi kalian yang suka berpetualangan di luar ruangan 

2 Responses to "Cara Mudah Merawat Tenda Untuk Pendakian Gunung"

IKLAN DALAM ARTIKEL

Iklan Tengah Artikel 1

IKLAN DALAM ARTIKEL 2

Iklan Bawah Artikel