-->

8 Tips, Makanan Wajib Dibawa Bagi Pendaki Gunung


Makanan adalah kebutuhan pokok bagi semua manusia, terutama makanan yang sehat seperti 4 sehat 5 sempurna sangat dibutuhkan tubuh. Makanan juga berfungsi untuk keseimbangan tubuh kita dan sumber energi bagi tubuh kita. Seorang pendaki tidak akan kuat mendaki jika dia tidak membawa makanan apalagi seorang pendaki membutuhkan kekuatan dan juga energi yang ekstra saat mendaki gunung.

Hobi memasak pastinya juga akan dilakukan kala melakukan pendakian gunung. Terlebih lagi jika kalian memiliki makanan favorit, pastinya makanan tersebut akan dimasak oleh kalian untuk dimakan bersama dengan rombongan pendakian kalian.

Nah, buat kalian yang hobi masak dan ingin memasak di gunung, berikut ini tipsnya

1. Perhitungkan dan persiapkan baik-baik apa yang akan kalian jadikan menu makanan, disesuaikan dengan berapa lama pendakian, intinya sih supaya tidak terbuang karena tidak termakan dan juga akan meringankan bawaan kalian. apa lagi untuk air, kita harus tau seberapa liter yang kita butuhkan di atas, karena air memiliki beban yang lumayan berat.

2. Untuk sayur-sayuran, bawa jenis sayuran yang awet dan nggak mudah busuk. Contohnya terong, kentang, buncis, wortel dan lain-lain. Bawa secukupnya saja agar tidak merepotkan kita.

3. Buat nambah kenikmatan sayur-sayuran, bawa makanan pelengkap seperti sosis, nugget atau otak-otak. Ini juga bisa buat menu masakan kalian yang lagi bosen atau nggak suka sama sayur-sayuran. 

4. Beras masukan ke dalam nesting, untuk memanfaatkan space kosong nesting untuk yang berencana mendaki gunung yang membutuhkan waktu pendakian 4 sampai 5 hari. Atau untuk camping satu – dua hari, belilah nasi yang sudah jadi di warung-warung dekat basecamp, karena lebih mempersingkat waktu dan mengurangi perlengkapan tambahan untuk memasak nasi

5. Jangan lupa bawa buah-buahan, karena dari buah-buahan ini juga kita bisa mendapatkan asupan vitamin yang banyak. Vitamin sangat perlu bagi tubuh kita selain karbohidrat.

6. Packing telur lakukan dengan dibungkus kertas dan masukin ke dalam beras yang sudah masuk di nesting, atau pecahin dan masukin ke dalam botol. Jangan sampai telur kita pecah di tas kita karena akan menimbulkan bau yang tak sedap dan butuh waktu juga untuk membesihkan tas kita.

7. Jika menurut kalian bawa macam-macam makanan itu berat dan ribet, kalian bisa sewa jasa porter warga sekitar kok, hitung-hitung berbagi rejeki dan membantu ekonomi warga sekitar. Atau bisa juga cari travelmate atau partner pendakian yang mempunyai jiwa-jiwa porter dan koki.

8. Jangan biasakan utamakan makan mie instant. Soalnya tenaga dari tubuh kita udah banyak banget terkuras selama pendakian dan butuh asupan makanan yang sehat. Jangan sampai cuma gara-gara ngandelin mie instant habis pendakian kena penyakit deh.

0 Response to "8 Tips, Makanan Wajib Dibawa Bagi Pendaki Gunung"

Posting Komentar

IKLAN DALAM ARTIKEL

Iklan Tengah Artikel 1

IKLAN DALAM ARTIKEL 2

Iklan Bawah Artikel