-->

4 Tips Dan Trik Sederhana Agar Tidak Mudah Tersesat di Gunung

Mendaki gunung banyak diminati oleh remaja saat ini, apalagi mahasiswa yang tergabung dalam organisasi pencinta alam. Pada saat perjalanan mendaki gunung bisa saja terjadi tersesat maupun kelelahan yang dialami oleh para pendaki. Lalu, apa saja trik-trik agar tidak tersesat di gunung dan alam bebas?  

Image by dima_goroziya from Pixabay 

1. Persiapan fisik

Tips saat mendaki gunung agar tidak tersesat yang pertama adalah persiapan fisik. Sebelum melakukan proses pendakian harus dilakukan sejumlah persiapan, termasuk fisik maupun mental. Jangan dipaksakan untuk berangkat mendaki jika kondisi badan sedang tidak fit. Dibutuhkan stamina yang cukup dan juga fisik yang kuat untuk mendaki sebuah gunung agar bisa mencapai puncak. Di beberapa lokasi pendakian, biasanya pihak pengelola akan melakukan pemeriksaan kondisi fisik pendaki guna memastikan kesiapannya untuk melakukan aktivitas di gunung.

2. Mengetahui teknik pendakian dan karakteristik gunung

Saat ini para pendaki hanya bermodal nekat untuk mendapatkan kesenangan saja. Padahal untuk beraktivitas di gunung diperlukan teknik pendakian yang benar. Orang naik gunung ada trik tersendiri misalkan kalau naik dengan tanjakan tinggi, naik perlahan kemudian istirahat dulu, jangan langsung dipaksa sekali jalan tapi ternyata tidak kuat. Selain itu, wajib juga untuk mengetahui karakteristik gunung yang akan didatangi, karena setiap gunung memiliki karakter dan jalur yang berbeda-beda.

3. Sedia perlengkapan pendakian

Persiapan yang harus dipenuhi oleh pendaki adalah perlengkapan, mulai dari tenda, alas tempat tidur, kompas hingga rute pendakian. Pendaki juga wajib membekali diri dengan peralatan untuk antisipasi hujan maupun kelengkapan penerangan. Biasanya perlengkapan yang paling sering dilanggar adalah untuk menjaga tubuhnya sendiri dari rintangan yang ada, misalkan alas kaki. Masih banyak pendaki yang hanya memakai sandal, padahal medan gunung itu rata-rata terjal. Harusnya memakai sepatu saat sedang proses pendakian di gunung.

4. Jangan berpencar sendiri saat mencari air

Pada saat proses pendakian gunung dihimbau untuk menyediakan air minum yang cukup, sehingga tidak harus melakukan pencarian air di tengah perjalanan. Kalau pun harus mencari air minum di gunung, harus mengetahui medannya. Karena jika tidak mengetahui lokasi sumber air pasti akan tersesat, pada saat mencari air jangan sampai sendirian, harus berdua atau lebih. Gunung yang sekelilingnya adalah hutan sangat rawan tersesat. Pastikan kalian selalu berkelompok.
Semoga bermanfaat! Selamat mendaki gunung

0 Response to "4 Tips Dan Trik Sederhana Agar Tidak Mudah Tersesat di Gunung"

Posting Komentar

IKLAN DALAM ARTIKEL

Iklan Tengah Artikel 1

IKLAN DALAM ARTIKEL 2

Iklan Bawah Artikel