-->

Cara Mudah Menghangatkan Tubuh Ketika Mendaki Gunung

Suhu dingin saat mendaki gunung adalah sesuatu yang harus dihadapi oleh semua pendaki. Semakin tinggi tempat kalian, semakin dingin pula suhu yang ada disana. Selain fisik seseorang, suhu dingin mendaki penting untuk diatasi agar kalian semua bisa sampai puncak dan kembali ke basecamp dengan selamat. 

image by instagram@mzendidin17

Ancaman yang berbahaya saat di gunung adalah hipotermia bagi para pendaki gunung. Bagi kalian yang ingin terhindar dari dinginnya suhu diatas gunung, kalian sebaiknya mepelajari terlebih dahulu beberapa cara hidup di alam. Salah satunya adalah untuk bisa bertahan adalah bisa menghangatkan tubuh dengan benar, sehingga bisa terhindar dari dinginnya cuaca yang ada di gunung. Berikut ini cara mudah menghangatkan tubuh ketika mendaki gunung. 


1. Aklimatisasi
image by instagram@yuristadavina

Aklimatisasi merupakan proses penyesuaian makhluk hidup terhadap lingkungan baru yang sebelumnya jarang dikunjungi. Salah satu perbedaan dengan lingkungan yang biasa di kunjungi yaitu perbedaan dari suhunya. Bagi para pendaki, sebelum melakukan pendakian, disarankan untuk melakukan aklimatisasi sederhana dalam bentuk peregangan otot. Tidak usah terburu-buru dalam mendaki, atur pernafasan sebaik mungkin supaya tubuh dapat melakukan penyesuaian dengan baik.

2. Pastikan Perut Kalian Terisi
image by instagram@auliaadilla

Perhatikan kandungan gizi makanan untuk meningkatkan suhu panas tubuh kalian. Jangan biarkan perut kalian kosong saat kedinginan, jika perut kalian telah terisi atau tidak dalam keadaa lapar, maka tubuh kalian akan lebih baik memproduksi panas tubuh. Makan-makanan yang mengandung protein dan karbohidrat tinggi agar tubuh lebih banyak memproduksi asam laktat yang dalam tubuh akan lebih cepat memproduksi panas dalam tubuh.


3. Pakaian Kalian Harus Dalam Keadaan Kering

image by instagram@delanggun

Sudah barang pasti bila mendaki gunung, pakaian yang digunakan adalah pakaian yang tebal. Kalian juga perlu berpakaian dalam kondisi pakaian kering, ganti pakaian sesegera mungkin ketika pakaian kalian basah karena keringat atau hujan yang bisa terjadi di gunung. Jangan lupa bawa pakaian cadangan kalian agar tidak kekurangan pakaian disaat sebagian pakaian kalian basah.  Jika kalian tetap memakai pakaian basah ketika mendaki gunung, cuaca yang dingin akan membuat tubuh kalian semakin dingin.

4. Jangan Terlalu Sering Berdiam

image by instagram@tika_oktaviani97

Proses pendakian yang lumayan menyita tenaga dan waktu sebaiknya dimanfaatkan dengan cara mengeksplor alam sekitar tapi jangan terlalu jauh dari jalur yang sudah ditentukan. Kalian bisa juga menggerakan tangan dan kaki kalian di tempat istirahat sambil melihat betapa indahnya gunung itu. Dengan terus bergerak, maka tubuh kalian akan memicu hangat dari dalam tubuh

5. Membuat Api Unggun

image  by pixabay

Hangatkan tubuh kalian dengan api unggun bersama teman-teman kalian. Api ini sangat berguna untuk menghangatkan tubuh dan juga menghangatkan suasana disekitar. Api unggun ini juga akan memberikan kesan yang lebih indah pada setiap camping yang kalian lakukan. Perlu kalian perhatikan, jangan menyalakan api unggun terlalu dekat dengan tenda kalian dan juga menyulut api unggun menggunakan bahan bakar minyak. Perhatikan tetesan minyak tersebut apakan hingga mendekati tenda karena bahan bakar minyak yang tersulut api akan menjalar. Pastikan sisa api unggu kalian benar-benar mati agar tidak menjalar ke rumput kering disekitar api unggun.

6. TIdurlah Berhimpit-himpitan

image by instagram@alivikry

Setiap tubuh manusia memiliki sumber suhu panas. Untuk menghangatkan diri dan mengurangi tekanan angi yang dingin pada tenda, tidurlah berhimpit-himpitan. Cara ini yang biasa dilakukan para pendaki ketika mereka tidur di tenda agar lebih hangat. Dengan tidur behimpit-himpitan ini, udara panas dari tubuh masing-masing orang akan terkumpul dan membuat suasana di dalam tenda tidak dingin.

8 Tips, Makanan Wajib Dibawa Bagi Pendaki Gunung

Cara-cara diatas diharapkan dapat kalian terapkan agar kalian terhindar dari hopotermia. Semoga semua perjalanan kalian mendaki gunung dapat dilakukan dengan selamat dan kalian akan medapatkan manfaat yang luar biasa dari kegiatan mendaki gunung ini.
salam lestari dari pos7basecam.blogspot.com

0 Response to "Cara Mudah Menghangatkan Tubuh Ketika Mendaki Gunung"

Posting Komentar

IKLAN DALAM ARTIKEL

Iklan Tengah Artikel 1

IKLAN DALAM ARTIKEL 2

Iklan Bawah Artikel