-->

4 Keuntungan Menggunakan Jasa Porter Saat Mendaki Gunung

Porter biasanya berperan sebagai pemandu jalan sekaligus pembawa barang para pendaki yang ingin mendaki gunung. Kalian yang suka dengan kegiatan mendaki gunung tentu sering melihat keberadaan porter. Keberadaan mereka sangat dicari oleh rombongan pendaki gununug. Pada umumnya para porten ini adalah penduduk asli dari perkampungan sekitar kawasan pendakian. 

foto by instagram @Kartikaania_

Pekerjaan menjadi porter umumnya bukan profesi utama melainkan hanya sampingan selain berkebun dan bertani.  Profesi menjadi porter biasnya mereka jalani saat musim pendakian tiba seperti musim kemarau. Jika musim pendakian tiba mereka para porter bisa meraup penghasilan yang lumayan, tergantung berapa banyak rombongan pendaki yang mereka dampinngi.

Menjadi porter harus memiliki tubuh yang lincah dan kuat, kadang mereka tidak membutuhkan perlengkapan komplet untuk memandu atau membawakan barang para pendaki. Mereka bahkan dengan beban berat yang mereka pikul sekalipun, mereka bisa berjalan lebih cepat dan jauh di depan para pendaki.

Dengan segala situasi di alam yang kadang sulit ditebak, menggunakan jasa porter adalah pilihan terbaik yang bisa kalian lakukan. Tidak masalah walaupun harus membayar jasa dengan uang yang tidak sedikit, asalkan pendakian kalian dan rombongan berjalan lancar dan aman. Ada banyak keuntungan menggunakan jasa porter saat mendaki gunung

1. Berperan sebagai pemandu
Mereka para porter bisa memberi tahu mana jalur pendakian terbaik, kapan waktu yang tepat untuk memulai pendakian, hingga titik mana saja yang aman untuk mendirikan tenda dan bermalam. Sekalipun kalian sudah pernah berkunjung ke gunung yang akan didaki, kondisi alam bisa sewaktu-waktu bisa berubah. Biasanya warga sekitar sudah bisa memahami kondisi alam dan cuaca yang mereka tinggali sudah lama.

2. Kalian tidak perlu repot membawa barang bawaan
Barang bawaan untuk melakukan pendakian 3 - 4 hari, kalian membutuhkan tas carrier 60 liter, termasuk sleeping bag dan tenda. Belum lagi logistik makanan selama pendakian berlangsung. Bayangkan jika kalian membawa semua barang itu sendirian, pastinya sangat merepotkan. Menggunakan jasa porter membuat kalian lebih fokus pada pendakian dan bisa menikmati pemandangan yang ada tanpa repot mengurus  barang bawaan.

3. Menjaga barang bawaan kalian
Kalian yang menggunakan jasa porter, bisa juga berperan menjaga barang-barang bawaan kalian. Biasanya dalam satu kali pendakian, porter tidak bertugas sendirian, bisa berdua atau bertiga. Apabila jumlah barang yang dibawa cukup banyak, jasa porter tidak mungkin cukup hanya berdua. Saat kalian pergi ke puncak gunung, porter yang lainnya akan menjaga barang bawaan kalian tetap aman di tenda atau titik pmberhentian terakhir.

4. Porter sebagai teman perjalanan kalian
Keberadaan porter tidak semata mata hanya membantu pendakian kalian, tetepi juga sebagai teman ngobrol saat di perjalanan. Dari para porter, kalian bisa mendengar cerita mengesankan seputar gunung yang dituju atau masyarakat sekitar lereng gunung. Perjalanan kalian pun lebih berharga karena kalian tak hanya mendaki tapi kalian bisa menambah wawasan tentang gunung, pendakian, dan sosial budaya masyarakat sekitar.

Informasi diatas sangat penting bagi kalian yang suka dengan kegiatan alam seperti mendaki gunug. Dengan begitu resiko dan kejadian yang mengancam jiwa bisa dihindari ketika melakukan kegiatan mendaki gunung. Carilah informasi sebanyak mungkin, ilmu ada dimana-mana dan mudah diakses tinggal kita sendiri mau mencari ilmunya atau tidak. Semoga informasi ini bisa menjadi ilmu yang bermafaat bagi kalian

Salama Lestari dari POS7BASECAM

2 Responses to "4 Keuntungan Menggunakan Jasa Porter Saat Mendaki Gunung"

  1. Bromo 350ribu ~ πŸ’₯ Promo November Bergetar @bromo200
    πŸ”ΈPaket Bromo Midnight
    πŸ”Έ Biaya cuma @350ribu /tamu
    πŸ”Ή Bonus Topi Wisata Bromo
    πŸ”Ή Bonus Sarung Tangan Tebal
    πŸ”Ή Bonus Masker Debu

    Aman & Kenyamanan Anda adalah Prioritas Utama Kami dengan pilihan destinasi super lengkap di Gunung Bromo

    Penjemputan di Malang kota ( stasiun kereta api, hotel, rumah dsb)

    🌈reservasi:
    Wisata Bromo Tour & Homestay
    ☎️/ WhatsApp: 0812 1899 4590
    🌐 www.bromo200.com
    ❤️ enjoy with us πŸŽ‰πŸŽ‰πŸŽ‰πŸŽ‰

    #info:
    Bromo Midnight adalah salah satu Paket wisata ke gunung bromo yang paling di nikmati para wisatawan Indonesia.

    BalasHapus

IKLAN DALAM ARTIKEL

Iklan Tengah Artikel 1

IKLAN DALAM ARTIKEL 2

Iklan Bawah Artikel