-->

Perlengkapan P3K Yang Wajib Dibawa Saat Mendaki Gunung

Berkegiatan di alam sangat beresiko, apalagi dengan medan yang belum pernah kita kunjungi. Kotak P3K sangat penting dalam beraktivitas di alam khususnya mendaki gunung. Isi kotak ini biasanya digunakan sebagai pertolongan pertama pada saat terjadi kecelakaan. Mendaki gunung memang penuh dengan resiko. Resiko kejadian yang rata-rata jauh dari fasilitas kesehatan juga tidak memungkinkan korban mendapatkan penanganan segera.

Image by Steve Buissinne from Pixabay

Kalian harus tau apa saja P3K yang wajib dibawa saat mendaki gunung. Mendaki gunung tidak mungkin membawa barang bawaan yang banyak selain memperberat barang bawaan kita, barang bawaan yang banyak kadang bisa menguras banyak energi kita saat mendaki. Karena keterbatasan tempat, barang bawaan harus diseleksi dengan ketat. Nah supaya kalian dapat mempersiapkan diri dengan baik, simak barang bawaan yang wajib dibawa ini.

1. Obat-obatan
Ada  2 jenis obat yang perlu dipersiapkan dalam kemasan P3K saat mendaki, yaitu obat-obatan standar yang biasa digunakan tanpa resep dokter dan obat-obatan khusus untuk jenis penyakit tertentu. Jenis kedua ini harus dipersiapkan sendiri oleh penggunanya. Contoh obat asma dan obat alergi khusus. Dan untuk obat-obatan standar, kalian wajib menyediakan obat pengurang nyeri, obat diare, obat alergi, dan obat meredahkan gejala flu.

2. Perlengkapan untuk menangani luka luar 
Ketika kalian mendaki gunung, ada berbagai resiko yang mungkin terjadi, termasuk terjadinya luka luar. Luka luar sebenarnya dapat dihindari. Namun apabila sudah terjadi, diperlukan pertolongan pertama secepat mungkin supaya tidak terjadi infeksi yang dapat membahayakan jiwa korban. Beberapa perlengkapan yang wajib dipersiapkan antara lain cairan antiseptik atau alkohol, plaster, kain kasa, kapas, pembalut segitiga (mitella), gunting, dan sarung tangan karet

3. Peralatan penting lainnya 
Perlengkapan untuk menangai hipotermia juga sangat penting dibawa. Hipotermia adalah keadaan darurat yang  terjadi saat kita sedang berada di suhu yang rendah. Ada 2 benda yang sebaiknya selalu dibawa, yaitu selimut darurat dan flysheet untuk membuat shelter darurat. Perlengkapan tambahan seperti termometer, tabung oksigen kecil, nomer telepon darurat, pinset untuk mengambil benda berukuran kecil dari tubuh, dan salep untuk membuat badan lebih hangat atau bebas dari gigitan serangga.

Informasi diatas sangat penting bagi kalian yang suka dengan kegiatan alam seperti mendaki gunug. Dengan begitu resiko dan kejadian yang mengancam jiwa bisa dihindari ketika melakukan kegiatan mendaki gunung. Carilah informasi sebanyak mungkin, ilmu ada dimana-mana dan mudah diakses tinggal kita sendiri mau mencari ilmunya atau tidak. Semoga informasi ini bisa menjadi ilmu yang bermafaat bagi kalian

Salama Lestari dari POS7BASECAM

0 Response to "Perlengkapan P3K Yang Wajib Dibawa Saat Mendaki Gunung"

Posting Komentar

IKLAN DALAM ARTIKEL

Iklan Tengah Artikel 1

IKLAN DALAM ARTIKEL 2

Iklan Bawah Artikel