-->

Tips Mendaki Gunung Saat Haid Atau Datang Bulan Agar Aman Dan Nyaman

Mitos yang berkembang di masyarakat tentang perempuan yang tidak diperbolehkan mendaki gunung saat menstrubusi karena di anggap "kotor" dan bisa terjadi kesurupan. Padalah itu hanyalah mitos, sebenarnya mendaki gunung saat haid atau datang bulan itu sah-sah saja, asal kita tau tips dan triknya.

Image by monicore from Pixabay 

Sebenarnya kondisi fisik perempuan yang menjadi masalah, karena saat haid atau datang bulan keadaan tubuh akan menjadi lebih mudah lelah. Tubuh setiap perempuan memang berbeda-beda dalam menghadapi haid, ada yang merasakan sakit sedang saja, ada juga yang merasakan sakitnya sampe nyeri dan tidak bisa tidur.

Pertanyaan seputar haid banyak ditanyakan oleh perempuan. Lalu bagaimana tips mendaki gunung saat haid atau datang bulan agar aman dan tentunya nyaman?

1. Kenali Fisik dan Daya Tahan Tubuh Kalian

Image by happyveganfit from Pixabay 

Kesehatan dan kekuatan fisik adalah yang paling utama saat kalian mendaki gunung. Pertama kalian harus paham dengan kondisi fisik kalian. Kalau kalian sedang datang bulan biasanya rasa sakit dan nyeri bisa bikin tidur kalian tidak nyenyak. Sebelum mendaki pastikan kalian dalam kondisi fisik kuat. Jika kondisi fisik kalian lemah dan mudah lelah sebaiknya urungkan niat kalian untuk mendaki gunung. Jangan dipaksakan mendaki gunung, karena kondisi tubuh kuat tidaknya, kalian yang tau dan paham betul.

2. Bawa Pembalut Dimanapun dan Kapanpun Sesuai Kebutuhan

Kalian harus bisa memperkirakan berapa hari yang dibutuhkan saat kalian mendaki ke gunung tertentu, perkiraan ini bisa membantu kalian dalam mengatur pembawaan pembabalut yang cukup dan tidak akan kekurangan. Bawa 5 sampai 10 pembalut untuk pendakian yang membutuhkan waktu kurang lebih 2 sampai 4 hari. Tidak masalah membawa banyak pembalut, pembalut itu ringan dan tidak menambah beban yang signifikan di tas carrier kalian. Pembalut yang lebar dan panjang akan lebih nyaman digunakan saat kalian mendaki gunung.

3.  Jangan Lupa Minum Air Putih Secukupnya

Image by Manuel Darío Fuentes Hernández from Pixabay 

Mendaki gunung saat sedang haid atau datang bulan diharapkan agar selalu minum air putih secukupnya. Minum air putih bisa membantu meredakan rasa sakit dan nyeri, lebih baik air putih saja jangan dicampur dengan pemanis. Selain meredakan rasa sakit, Air putih juga dapat mencegah tubuh kalian terkena dehidrasi. 

baca juga Bagaimana Cara Agar Terhindar Dari Dehidrasi Saat Mendaki Gunung

4. Selalu Membawa Suplemen Penambah Darah

Kotak P3K sangat penting dibawa saat kalian beraktivitas di alam khususnya saat mendaki gunung. Isi kotak P3K dengan obat-obatan dan peralatan untuk menangani luka seperti kain kasa, obat merah dan yang lainnya. Mendaki gunung membutuhkan energi yang ekstra serta rasa lelah terutama saat sedang haid energi kita menjadi lebih cepat terkuras. Saat kalian sedang datang bulan, kalian akan lebih kehilangan banyak darah yang mengakibatkan rasa lelah. Suplemen penambah darah ini bisa membantu kalian agar tidak lemas dan cepat lelah

baca juga Perlengkapan P3K Yang Wajib Dibawa Saat Mendaki Gunung

5. Beritau Rombongan Kalian Bahwa Kalian Sedang Haid

Jujur ke teman kalian bahwa kalian sedang haid atau datang bulan tidak masalah diceritakan. Rombongan kalian pasti akan paham betul wanita yang sedang haid ia akan merasakan lelah dan sakit, sehingga teman kalian pastinya akan setia menunggu jika kalian lambat dalam melangkah, Jika rasa lelah kalian datang, beristirahatlah sesering mungkin. 

Informasi diatas sangat penting bagi kalian yang suka dengan kegiatan alam seperti mendaki gunug. Dengan begitu resiko dan kejadian yang mengancam jiwa bisa dihindari ketika melakukan kegiatan mendaki gunung. Carilah informasi sebanyak mungkin, ilmu ada dimana-mana dan mudah diakses tinggal kita sendiri mau mencari ilmunya atau tidak. Semoga informasi ini bisa menjadi ilmu yang bermafaat bagi kalian

Salama Lestari dari POS7BASECAM

0 Response to "Tips Mendaki Gunung Saat Haid Atau Datang Bulan Agar Aman Dan Nyaman"

Posting Komentar

IKLAN DALAM ARTIKEL

Iklan Tengah Artikel 1

IKLAN DALAM ARTIKEL 2

Iklan Bawah Artikel