-->

Cara Packing Tas Carrier Yang Benar Dan Praktis Bagi Pendaki Gunung

Tas carrier memiliki kapasitas yang besar untuk membawa perlengkapan kita selama berada di gunung. semakin besar tas carrier yang kita bawa akan semakin besar pula kerja keras kita. Diperlukan cara packing tas carrier yang benar agar kita merasa nyaman dan tidak cepat merasa pegal karena membawa tas carrier selama berkegiatan di gunung. 

image by instagram @desyynd

Selain fisik, barang bawaan juga harus disiapkan dan dikemas dengan rapi di dalam tas carrier kita. Tas khusus naik gunung ini memang punya kapasitas yang besar dan bisa memuat banyak barang. Berikut ini cara packing tas carrier yang benar dan praktis bagi pendaki gunung. 

1. Kelompokan Barang Bawaan Kalian

image by instagram @irco.official

Pengelompokan barang dimaksudkan untuk mempermudah dalam perncarian barang tersebut ketika di jalur pendakian. Pengelompokan barang juga akan mengurangi resiko lupa akan suatu barang, karena biasanya satu barang akan berhubungan dengan benda lainnya. Semisal saat mengambil tabung gas, pasti kalian akan memeriksa dimana kompor dan alat masak lainnya. Pastikan barang yang akan dibawa adalah barang yang telah kalian buat listnya, sehingga akan mengurangi membawa banyak barang yang tidak begitu penting. Sedangkan barang barang yang wajib dibawa meliputi tenda, matras, sleeping bag, baju ganti, jas hujan, obat-obatan, dan logistik makanan. 

2. Siapkan Kantong Anti Air Dan Masukan Semua Barang

image by instagram @araoutdoor_purwokerto

Setelah barang sudah sesuai list yang kalian buat dan kelompokan tadi, masukanlah ke dalam kantong anti air. Hal ini bertujuan untuk menjaga agar barang bawaan tidak basah apabila terjadi hujan saat berada di jalur pendakian. Pastikan kantong anti air tersebut menutup rapat semua barang bawaan kalian, jangan sampai ada kantong yang robek atau rusak. Tujuan lainnya adalah untuk memudahkan dalam mengambil barang sesuai kategori dalam tas carrier kalian, menghindari barang-barang kalian berantakan di dalam tas carrier kalian. 

3. Atur Penepatan Barang Bawaan Kalian

image by instagram @ojeb_adventures

Ada dua jenis penepatan barang, yakni prioritas barang berat dan prioritas barang sesuai kebutuhan yang mendesak. Beban berat harus berada di bagian dekat punggung dan berada di bagian tengah carrier ke atas. Tujuannya adalah supaya pundak dapat menompang beban tersebut dan pinggang tidak terlalu pegal. Barang yang memiliki berat sedang seperti nesting dan kompor bisa diletakan di bawah benda berat tadi. Tujuannya untuk menompang beban diatas agar tidak terlalu berantakan. Sementara untuk barang-barang yang ringan seperti baju ganti, sleeping bag dan gulungan tenda diletakan di bagian bawah tas carrier kalian.

Barang-barang yang sering digunakan seperti tisu kering maupun basah, mantel dan cemilan makan-makanan ringan diletakan dibagian atas. Hal ini bertujuan supaya semua barang-barang penting ini mudah diraih di tengah-tengah jalur pendakian gunung.

4. Pastikan Tas Carrier Kalian Dalam Keadaan Seimbang

image by instagram @warunk_outdoor

Cara mengetesnya adalah dengan mendirikannya, jika miring ke satu arah, maka segera atur kembali barang yang ada di dalam tas carrier kalian. Tas carrier yang seimbang akan memudahkan kalian dalam bergerak. Penepatan botol minuman juga perlu diperhatikan, karena botol minuman yang kita bawa bisa menambah beban tas carrier kalian. Botol minum harus disimpan di bagian dalam dekat punggung. Selama perjalanan, siapkan air yang dikemas dalam botol berukuran kecil di samping kiri atau kanan tas carrier sehingga mudah dijangkau kapanpun pada saat berada di jalur pendakian.

Berikut tadi adalah cara packing tas carrier yang benar dan praktis bagi kalian semua, semoga dengan bertambahnya ilmu ini diharapkan kalian tidak lagi salah dalam menetapkan barang bawaan kalian agar tidak ada lagi tuh pegel-pegel sehabis mendaki gunung. Semoga kalian selalu diberikan kesehatan salam lestari.

0 Response to "Cara Packing Tas Carrier Yang Benar Dan Praktis Bagi Pendaki Gunung"

Posting Komentar

IKLAN DALAM ARTIKEL

Iklan Tengah Artikel 1

IKLAN DALAM ARTIKEL 2

Iklan Bawah Artikel