-->

PERHATIKAN! 5 Hal memilih tenda bagi petualang

  Tenda adalah kebutuhan utama bagi para pendaki gunung tenda juga berfungsi untuk perlindungan dari cuaca yang sulit ditebak pada saat kalian berada di gunung. berikut cara memilih  tenda yang benar menurut saya.



1. Ukuran 

Sebelum membeli tenda atau menyewa tenda, pastikan kapasitas yang akan berada dalam tenda, sehingga kalian tau apakah kalain butuh yang berukuran kecil atau besar. Jika kalian lebih menyukai perjalanan solo atau dengan beberapa rekan, pilihlah tenda dengan ukuran kecil.

2. Bentuk

Bentuk tenda akan memengaruhi banyak hal, salah satunya adalah kekuatannya terhadap arus angin di lingkungan sekitar perkemahan. Tenda dengan bentuk aerodinamika yang ramah terhadap terpaan angin akan lebih kuat berdiri, ketimbang sebaliknya.

Jangan sampai bentuk tenda pilihan membuat angin terjebak, hingga membuatnya selalu bergerak atau bergoyang. Idealnya, angin harus melintasi dan mengaliri sekitar tenda tanpa hambatan.

Tentunya tenda yang sering diterpa angin berpotensi mematahkan tulang penyangga, bahkan hal ekstrem lainnya adalah roboh dan terbang bersama angin.

3.  Berata Tenda 

Berat tenda sangat berbanding lurus dengan ukuran tenda, oleh karena itu penting mengatur komposisinya sesuai kebutuhan mendaki kalian. Saya sarankan kalian memilih tenda yang ada pasaknya yang berbahan aluminium, sehingga bobotnya ringan pada saat kalian mendaki tidak terlalu membawa beban yang berat.

4. Lapisan Tenda 

Ini yang seriing diabaikan oleh pendaki pada saat membeli tenda atau menyewa tenda. Tenda yang bagus pada saat kalian mendaki dan berkemah dilengkapi dengan lapisan ganda,
Lapisan pertama akan melindungi kalian dari curah hujan atau ranting ranting pohon.
Lapisan kedua sebagai tudung utama tenda dan bisa berfungsi juga sebagai penghangat tenda kalian.
Namun perlu diingat juga, tenda dengan lapisan ganda memiliki waktu yang lebih lama juga pada saat dibangun ketimbang tenda yang memiliki satu lapisan.

5. Pasak dan Tulang Penyangga

Pasak dan tulang penyangga merupakan salah satu komponen vital yang tidak boleh terlewatkan, Jika anda telah memiliki tenda sebelumnya, tetapi pasak dan sebagian tulang penyangga hilang atau rusak anda wajib mengganti dengan yang baru. 













1 Response to "PERHATIKAN! 5 Hal memilih tenda bagi petualang"

  1. banyak baru yang saya baru tau, terimakasih informasinya

    BalasHapus

IKLAN DALAM ARTIKEL

Iklan Tengah Artikel 1

IKLAN DALAM ARTIKEL 2

Iklan Bawah Artikel