-->

KERASA! 5 Manfaat Dari Kegiatan Mendaki Gunung



Mendaki gunung dengan fisik dan mental yang baik tentu akan banyak manfaat yang dirasakan setelahnya. Tapi, tahukah Eigerian apa saja manfaat itu? Yuk simak penjelasannya di bawah.
.
1. Meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru.
Perjalanan mendaki akan membuat kerja jantung dan paru-paru lebih berat dari aktivitas biasanya. Udara sekitar pegunungan yang segar dan bebas dari polusi juga akan menambah dampak positif buat tubuh kamu.
2. Mengurangi stres.
Pemandangan indah yang ditawarkan saat pendakian akan membantu kamu untuk menghilangkan segala kepenatan pekerjaan. Selain itu menurut penelitian, berjalan dengan durasi yang cukup panjang nyatanya lebih meningkatkan kadar kebahagiaan kamu.
3. Memperkuat otot kaki.
Bagi kamu yang gemar mendaki gunung, tentu sudah tidak asing dengan berbagai medan yang kamu lalui untuk menuju puncak. Jalanan berkerikil, berbatu, dan tanah nyatanya akan membuat otot kaki kamu semakin kuat dan terbentuk.
4. Membuat daya ingat lebih baik.
Nyatanya, aktivitas fisik dapat berdampak positif untuk kesehatan otak. Dalam mendaki dibutuhkan ketepatan insting untuk mengingat dan pengelolaan emosi yang baik.
5. Membuat tulang lebih padat.
Dengan membiasakan berjalan kaki, menaiki tangga, dan berjemur di bawah sinar matahari bisa kamu lakukan untuk memiliki tulang yang padat. Dan, dengan melakukan pendakian, kamu bisa menjalani ketiga kegiatan tersebut secara bersamaan.
.
Berpetualang banyak manfaatnya, selain memacu adrenalin anda, di bawah ini adalah hal lain yang bisa anda rasakan seketika pada saat anda berpetualang:
1.        Kegembiraan
Berpetualang membuat hati gembira, lepas dari segala rutinitas yang menjenuhkan dan mendapatkan suasana yang benar-benar baru. Suasana hati rasanya bebas dan plong.
2.        Meningkatkan kepercayaan diri
Setiap orang yang melakukan petualangan akan merasa telah meraih suatu prestasi, karena kegiatan petualangan (adventure) umumnya adalah kegiatan beresiko tinggi yang mungkin saja berakibat fatal bagi nyawa seseorang. Keberhasilan melalui tantangan tersebut membuat seseorang merasa berprestasi, dan kepercayaan dirinya meningkat.
3.        Motivasi
Motivasi untuk tampil lebih baik dalam hidup diperoleh dari perasaan berprestasi. Seseorang yang belum mampu mencapai sesuatu biasanya akan berkecil hati dan juga kehilangan motivasi. Hal ini tidak akan terjadi pada seorang petualang, karena ia telah terbiasa menghadapi tantangan di alam, mengatasi rasa takut dan melewati berbagai tantangan di alam, sehingga seberat apapun tantangan dalam kehidupannya sehari-hari dapat ia lalui dengan tetap bersemangat. 
4.        Mampu menghadapi kehidupan dengan lebih baik
Seorang petualang sejati akan mampu menghadapi hidup dengan cara yang positif.  Mereka selalu termotivasi dan yakin bahwa ia dapat mencapai tujuan hidupnya. Mungkin, ini adalah manfaat terbaik yang dapat diraih dari kegiatan petualangan. 
5.        Memperoleh tubuh yang sehat
Ada juga banyak manfaat kesehatan yang dapat diraih dengan petualangan. Selain kebugaran tubuh, Anda juga dapat terhindar dari stres dan penyakit lain yang diakibatkan oleh stres itu sendiri. Banyak orang yang beralih dari olah raga di lapangan biasa ke olah raga alam bebas karena mereka telah merasakan manfaat dari olah raga di alam bebas. 
6.        Meningkatkan rasa syukur
Kegiatan petualangan membuat hidup kita menjadi selaras dengan alam. Kita dapat melihat langsung dan merasakan kebesaran Tuhan, yang akhirnya akan membuat kita sadar, betapa kecilnya kita sebagai manusia. Kesadaran ini membuat kita  menjadi menjadi hambaNya yang selalu bersyukur.
Apakah kamu merasakan semua manfaatnya setelah melakukan pendakian?
*Berbagai sumber

0 Response to "KERASA! 5 Manfaat Dari Kegiatan Mendaki Gunung"

Posting Komentar

IKLAN DALAM ARTIKEL

Iklan Tengah Artikel 1

IKLAN DALAM ARTIKEL 2

Iklan Bawah Artikel