-->

Kamus Pendaki Mendaki Bukan Sekedar Hobi

Hobi untuk mendaki gunung memang beberapa tahun terakhir marak terjadi, aktivitas pendakian gunung mulai marak sejak  media sosial ramai di Indonesia terutama Instagram yang mengunggah foto-fotonya ke akun pribadinya menambah rasa ingin tau orang lain untuk mencicipi nikmatnya sensasi foto di atas gunung.

foto by instagram @anissamawarn

Tetapi siapapun yang ingin mendaki seharusnya menghilangkan semua pikiran tadi karena mendaki gunung tidak semudah yang biasa di lihat. Mendaki gunung memiliki risiko tersendiri dan yang paling di takuti adalah kematian.

Kematian bisa saja datang karena kondisi fisik yang tidak prima sehingga suhu tubuh tidak normal dan terjadi hippotermia, sebuah penyakit yang pasti datang kepada siapa saja di suhu dingin. Belum lagi kondisi tubuh yang turun karena kelelahan akibat tidak mempersiapkan stamina dengan baik sebelum memulai pendakian.

baca juga 16 DERAJAT DIENG! Kenali 9 Gejala Hipotermia dan Bagaimana 9 Cara Mengatasinya

Belum lagi dampak kurangnya stamina mampu menghadiahkan kita penyakit hipotermia dan berujung kematian. Nyatanya hipotermia bukan melulu dampak dari ekstreamnya cuaca, itu hanya salah satu faktor pemicu datangnya penyakit yang identik dengan suhu dingin.

Selain itu hippotermia hadir ketika tubuh kurang asupan makan sehingga tubuh tidak bisa bekerja maksimal membakar lemak di tubuh karena semu staminanya habis ketika mendaki gunung. Ditambah dengan pakaian basah menambah mudahnya hippotermia menghinggap di tubuh Anda.

baca juga Mengenal Apa Itu Perbedaan Hipoksia dan Hipotermia

6 juli lalu, Seorang pendaki bernama Andi ditemukan tewas di Gunung Lawu saat sedang mendaki bersama teman-temannya. Namun, yang menjadi sorotan, video yang diduga Andi, beredar di jagat maya sebelum dirinya tewas. Dalam video tersebut, Andi terlihat bertelanjang dada di atas Gunung Lawu.

   Padahal kala itu kondisi di Gunung Lawu sangat dingin, hal itu tampak dari tebalnya kabut yang terlihat dalam video. Alhasil, video sosok yang diduga kuat Andi ini menjadi perbincangan. Terlebih, Andi ditemukan tewas dengan mengenakan celana panjang warna hitam dan bertelanjang dada, seperti yang terlihat dalam video. Video yang merekam momen pria diduga Andi Sulistyawan mengalami halusinasi, sebelum ditemukan tewas di Gunung Lawu.

baca juga BELAJAR! dari Tewasnya Pendaki di Gunung Lawu, 5 Tips Mendaki Agar Terhindar dari Hipotermia

Ironisnya, banyak pendaki pemula tak tahu apa yang akan di hadapinya. Mereka juga melupakan filosofi dasar saat menikmati keindahan alam yaitu menjaga lingkungan agar tetap lestari. Mereka banyak membuang sampah di sembarang tempat, hal ini menimbulkan polemik sampah di sekitaran areal gunung.

Gunung berubah bagaikan lautan sampah. Walaupun para pemegang otoritas gunung tersebut sering menutup kawasan wisata pendakian tersebut untuk penghijauan, lagi-lagi setelah jalur pendakian di buka, sampah berceceran dimana-mana.

0 Response to " Kamus Pendaki Mendaki Bukan Sekedar Hobi "

Posting Komentar

IKLAN DALAM ARTIKEL

Iklan Tengah Artikel 1

IKLAN DALAM ARTIKEL 2

Iklan Bawah Artikel