-->

Cara Meminimalisir Tersesat Saat Mendaki Di Gunung

Mendaki gunung bukan sekedar aktivitas menyenangnkan dan mudah. Butuh berbagai persiapan mulai dari peralatan sampai wawasan yang cukup sebelum mendaki gunung. Sebab kalau tidak, maka pendakian bisa berujung malapetaka seperti tesesat dan hilang di gunug. 

image by instagram @Ikerianihhh

Banyak sekali kasus tersesatnya pendaki saat berada di gunung. Tentu hal ini bisa dijadikan pelajaran berharga untuk para pendaki saat melakukan pendakian gunung khususnya bagi yang pertama kali mencoba untuk mendaki gunung. Berikut ini cara meminimalisir tersesat saat mendaki di gunung

1. Mendaftarkan Diri Ke Basecamp Pendakian Kalian

image by instagram @rumahkayuadvntr

Hal ini wajib kalian lakukan sebelum melakukan pendakian yaitu mendaftarkan diri di basecamp pendakian gunung yang akan kalian tuju. Ini berguna untuk melakukan pendataan pendaki jika nantinya terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya saat kalian tersesat pihak basecamp akan segera mengambil tindakan penyelamatan. Tidak hanya itu, biasanya jika kalian belum turun setelah melewati rencana waktu turun yang dibuat sebelum mendaki, pihak basecamp akan segera menyiagakan personilnya. 

2. Pakai Jasa Pemandu Atau Guide

image by instagram @oboypicisan_7

Beberapa basecamp pendakian kini menyediakan jasa pemandu untuk menjaga pendaki tetap di jalur pendakian. Jika kalian baru pertama melakukan kegiatan pendakian gunung, agar lebih aman lebih baik kalian menggunakan jasa pemandu atau guide saat berpetualang ke alam bebas. Pemandu biasanya hafal jalur yang akan kalian lewati termasuk jalur pintasnya

3. Pelajari Jalur Pendakian Terlebih Dahulu

image by instagram@kpgirbekasi

Jika memang tidak ada jasa pemandu di gunung yang akan kalian daki, alangkah baiknya kalian mempelajari jalur pendakiannya terlebih dahulu, minimal tanya ke teman atau membaca peta jalur pendakian sehingga tidak ada kata tersesat saat mendaki gunung atau berpetualang ke alam bebas.

4. Tetap Bejalan Di Area Bekas Jejak Kaki Manusia

image by instagram@riskyade_26

Agar kalian tidak tersesat di gunung atau alam bebas lebih baik kalian perhatikan jalur dengan benar, sebisa mungkin hindari jalur yang masih ditutup rumput atau pepohonan. Ikuti jalur yang ada bekas jejak kaki manusia. Jalur dengan bekas kaki manusia dipastikan itu jalur yang benar dan kalian tidak akan tersesat.

5. Jangan Peranh Memisahkan Diri Dengan Rombongan

image by instagram @junaidisalam

Jangan pernah merasa paling tahu jika belum berpengalaman banyak mendaki gunung. Beberapa tragedi hilangnya pendaki disebabkan karena memisahkan diri dari rombongan. Oleh karena itu, usahakan jangan pernah sekalipun meninggalkan rombongan kalian. Kamu dituntut untuk tetap bersama dengan rombongan saat mendaki sehingga sesama rombongan bisa saling membantu dan mengawasi. 

6. Usahakan Mendaki Saat Cuaca Terang

image by instagram@__iqballeo

Bagi kalian yang hendak mendaki gunung usahakan mendaki saat cuaca masih terang. Sebab bila mendaki ketika kabut tebal menyelimuti gunung, kalian akan kesulitan menentukan ke jalur yang sudah tersedia karena pandangan kalian terhalang oleh kabut. Saat kabut tebal menyelimuti gunung, tanda alam yang bisa digunakan untuk menentukan arah seperti posisi bintang dan matahari mendaki tidak terlihat jelas. Oleh karena itu, usahakan mendaki saat terang. Jika kabut datang lebih baik kalian berhenti dan beristirahat terlebih dahulu sampai kabut hilang.

Tidak ada pendaki yang menginginkan dirinya tersesat di gunung. Tetapi masih banyak pendaki yang kurang paham dengan prosedur atau cara meminimalisir dirinya tersesat di gunung. Semoga tulisan ini bisa memberi informasi lebih kepada kalian supaya tidak akan pernah terjadi tersesat pada kalian dan juga rombongan kalian. 
salama lestasi.

0 Response to "Cara Meminimalisir Tersesat Saat Mendaki Di Gunung"

Posting Komentar

IKLAN DALAM ARTIKEL

Iklan Tengah Artikel 1

IKLAN DALAM ARTIKEL 2

Iklan Bawah Artikel