-->

4 Hal Mengerikan Yang Akan Terjadi Jika Indonesia Turun Salju

Indonesia merupakan negara tropis yang hanya merasakan musim kemarau dan hujan. Salju yang kita lihat di Benua Eropa sangat indah, kita bisa bermain salju didepan teras rumah, bermain salju dan membuat boneka dari salju. Pernahakah kalian berpikiran jika salju terjadi di Indonesia apa yang akan terjadi?.

foto object by instagram @notisna

Salju bisa terjadi di negara kita, walaupun negara Indonesia adalah negara tropis tetapi beberapa daerah di Indonesia penah terjadi hujan es loh. Seperti yang terjadi di Dieng Jawa tengah. Apabila salju terjadi di Indonesia akan banyak faktor yang mengerikan loh daripada menyenangkannya. Jadi semacam hal yang tidak wajar yang biasa terjadi di negara-negara tropis. Berikut hal yang bisa dikatakan mengerikan jika Indonesia turun salju.

1. Beberapa Daerah Di Indonesia Kekurangan Air

Image by Steve Buissinne from Pixabay 

Air adalah senyawa yang penting bagi semua bentuk kehidupan yang diketahui sampai saat inidi Bumi. Sumber daya air adalah sumber daya berupa air atai potensial bagi manusia. Kegunaan ait meliputi penggunaan di bidang pertanian dan industri. Air bersih adalah salah satu jenis sumberdaya berbasis air yang bermutu baik dan biasa dimanfaatkan oleh manusia untuk dikonsumsi.

Kenapa bisa kekurangan air? padahal kan di indonesia 70% adalah lautan?. Bagi sebagian daerah di Indonesia masih bisa terjadi kekurangan air jika di Indonesia turun salju. Misalnya bagi beberapa daerah di timur Indonesia masih ada lokasi yang mengandalkan sumur air untuk persediaan masyarakat. Jadi jika di Indonesia turun salju, maka sumur-sumur masyarakat seketika dapat membeku. Jika hal itu terjadi kemana masyarakat dapat mencari persediaan air selanjutnya?. Masalah ketersediaan air di daerah ini kemudian dapat menjadi hal yang besar. Belum lagi bila musim dingin ini terjadi dalam jangka waktu yang lama. 

2. Banyak Masyarakat Indonesia Yang Terkena Hipotermia

Image by Katrina_S from Pixabay 

Hipotermia meupakan salah satu kondisi dimana sistem dalam tubuh untuk pengaturan suhu badan kesulitan mengatasi tekanan suhu dingin. Kondisi ini biasa menyerang para pendaki gunung yang tidak membawa perlengkapan lengkap, terkena guyuran hujan, dan kurang mengonsumsi kalori. Hipotermia biasanya diawali dengan kedinginan biasa, badan yang menggigil, gemetar menahan dingin bahkan sampai gigi saling beradu ketika tidak kuat menahan suhu dingi, 

Masyarakat Indonesia selama ini sudah sangat terbiasa dengan cuaca panas atau tropis, sehingga persediaan pakaian hangat yang dimiliki masih terbatas. Saat Indonesia turun salju, temperatur cuaca seketika akan turun dratis, banyak masyarakat kita yang tidak bisa menghangatkan dirinya dengan baik akhirnya bisa terkena hipotermia

3. Perekonomia Negara Akan Melemah

Image by Markus Winkler from Pixabay 

Bagi masyarakat Indonesia, musim dingin dan salju adalah hal yang baru dan banyak masyarakat yang belum tahu bagaimana cara mengahadapinya. Bila lingkungan di luar rumah tidak mampu mereka lalui, itu tentunya berdampak pada perekonmian negara. Bayangkan bila banyak orang ragu berangkat menuju tempat kerja mereka karena khawatir hal buruk akan terjadi saat turun salju terjadi. Tentunya beberapa pusat perekonomian negara akan lumpuh sampai sang pegawai sudah siap kembali bekerja. Tidak hanya di sektor besar, kegiatan jual beli di pasar juga kan berhenti karena bahan makanan yang di jual kualitas dan kuantitasnya akan menurun. Dan petani tidak bisa tanam apalagi panen bila lahannya tertutup salju.

4. Bisa Jadi Umur Bumi Sudah Tua
Image by Tumisu from Pixabay 

Para ilmuan sudah memberikan informasi mengenai es di kutub yang sudah mulai mencair atau perubahan iklim yang ekstream di beberapa tempat di dunia. Dan bila sampai ada kejadian bahwa sejumlah negara tropis mengalami fenomena hujan salju tentu itu bisa mengidentifikasikan kasus pemanasan global yang sudah sangat parah. Perubahan musim yang dialami oleh negara-negara di dunia itu salah satunya merupakan efek dari rotasi dan revolusi bumi serta kondisi bumi. Ketika negara tropis seperti Indonesia turun salju, tentu itu adalah salah satu bukti bahwa umur bumi semakin tua.

Informasi diatas sangat penting bagi kalian yang suka dengan kegiatan alam seperti mendaki gunug. Dengan begitu resiko dan kejadian yang mengancam jiwa bisa dihindari ketika melakukan kegiatan mendaki gunung. Carilah informasi sebanyak mungkin, ilmu ada dimana-mana dan mudah diakses tinggal kita sendiri mau mencari ilmunya atau tidak. Semoga informasi ini bisa menjadi ilmu yang bermafaat bagi kalian

Salama Lestari dari POS7BASECAM

0 Response to "4 Hal Mengerikan Yang Akan Terjadi Jika Indonesia Turun Salju"

Posting Komentar

IKLAN DALAM ARTIKEL

Iklan Tengah Artikel 1

IKLAN DALAM ARTIKEL 2

Iklan Bawah Artikel