-->

BAGAIMANA 4 Tips Memilih Sepatu Gunung Agar Tidak Cedera

Bagi pecinta alam sejati, tentu mendaki gunung rasanya sudah seperti kebutuhan. Dengan demikian, mereka pun akan paham persiapan apa saja yang biasa dilakukan sebelum melakukan pendakian tersebut, salah satunya adalah dengan memilih sepatu hiking yang tepat digunakan untuk mendaki gunung.

  Namun lain halnya, jika Anda belum begitu mahir dalam melakukan pendakian gunung, setidaknya ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, dan Anda pelajari terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk pergi ke alam liar.

   Untuk itu, kali ini kita akan membahas tentang tips memilih sepatu hiking yang tepat dan sesuai ketika hendak mendaki gunung agar kaki tetap aman dan tidak cidera. Kira-kira apa saja? Mari simak selengkapnya berikut ini.

1. MEMILIH UKURAN SEPATU SEDIKIT LEBIH BESAR

  Jika selama ini Anda tentu menggunakan alas kaki atau sepatu dengan ukuran yang pas dan sesuai dengan kaki, maka untuk sepatu gunung ada sedikit pengecualian. Untuk sepatu gunung, Anda harus memilih ukuran yang sedikit lebih besar dari kaki Anda, dan pastikan ada sedikit ruang di ujung kaki Anda, mengapa demikian? Hal ini bertujuan agar kaki lebih terasa nyaman dan tidak terasa sakit pada saat melakukan pendakian nantinya.


  Sebaliknya, jika Anda menggunakan sepatu gunung dengan ukuran yang pas dengan kaki Anda, maka ujung jari kaki bisa sangat tersiksa karena akan terasa tertekan dan mengalami himpitan di ujung sepatu, yang dapat berakibat cidera seperti kuku kaki yang lepas. Lantas bagaimana cara mengatasi sepatu kebesaran yang sedikit membuat tidak nyaman? Jawabannya bisa dengan menggunakan kaos kaki ganda agar kaki terus terlindungi dari gesekan, serta terlindung dari udara gunung saat berada di malam hari.

2. COBA CEK LEHER SEPATU TERLEBIH DAHULU

   Jika poin nomor satu sudah Anda lakukan, maka cobalah poin kedua yaitu melakukan pemeriksaan terhadap leher sepatu. Cobalah untuk memastikan bahwa leher sepatu tersebut terbuat dari bahan yang lembut serta mampu menutupi serta melindungi bagian atas tumit, mengingat bahwa bagian ini adalah bagian yang paling sering mengalami pergesekan selama pendakian dilakukan. Jika Anda tetap memaksakan membeli sepatu hiking dengan lidah sepatu yang keras, maka secara perlahan Anda akan merasakan sakit di bagian atas tumit yang lama kelamaan akan menjadi cidera kulit.

3. MENYESUAIKAN KETINGGIAN LEHER SEPATU DENGAN KESULITAN PENDAKIAN

   Tahukah Anda, bahwa terdapat beberapa jenis leher sepatu hiking? Tentu saja, hal ini ditujukan agar Anda bisa menyesuaikan jenis sepatu hiking dengan kebutuhan pendakian itu sendiri. Jika Anda ingin melakukan pendakian dengan medan pegunungan atau bukit yang medannya cukup ringan, maka Anda bisa memilih sepatu dengan leher pendek saja.

   Sebaliknya, jika Anda suka tantangan dan merupakan pendaki kelas berat, maka sepatu dengan leher tinggi bisa menjadi jawaban yang paling tepat untuk pendakian dengan medan yang cukup terjal, sulit, dan panjang. Tentu saja, perlindungan yang diberikan oleh leher sepatu yang tinggi lebih maksimal untuk melindungi kaki dan bagian atas mata kaki.

4. CEK SOL SEPATU

   Sepatu gunung memiliki sol yang berbeda ketimbang dengan sepatu yang biasa Anda gunakan dalam beragam aktivitas sehari-hari. Sol sepatu hiking, biasanya didesain secara khusus untuk melakukan pendakian gunung yang kerap licin serta dengan medan yang berbatu. Untuk itu, pastikan Anda memilih sepatu gunung, pastikan Anda mendapatkan sol sepatu yamg memiliki ceruk tajam serta punggung sol yang tinggi.


  Tak hanya itu, pilih juga sepatu dengan sol tumit yang cukup besar serta kuat dan berbahan karet ataupun sintetis serupa. Semua ini bertujuan agar pendakian Anda lebih aman, dan agar tetap membuat kaki Anda merasa nyaman dan kuat selama melakukan pendakian.

   Lantas, dimana mencari sepatu hiking yang pas untuk kebutuhan pendakian Anda? mungkin Anda bisa mencarinya di toko-toko yang menyediakan kegiatan outdoor di sekitar Anda. Ataupun, Anda bisa mencarinya lewat online, salah satunya seperti situs decathlon.co.id yang menyediakan beragam kebutuhan hiking untuk Anda dengan kualitas yang terbaik dan ragam pilihan.

0 Response to "BAGAIMANA 4 Tips Memilih Sepatu Gunung Agar Tidak Cedera"

Posting Komentar

IKLAN DALAM ARTIKEL

Iklan Tengah Artikel 1

IKLAN DALAM ARTIKEL 2

Iklan Bawah Artikel